Mulai Tumbuh Kegemaran Musik Jazz Anak Muda Purwokerto

Ditulis 18 Feb 2011 - 00:48 oleh Banyumas1


PURWOKERTO-Greget anak anak muda Purwokerto dalam menggeluti musik Jazz mulai terasa.Meski masih dalam posisi penjajalan, namun minat pada
musik yang dianggap sebagai milik kaum berada itu sudah terasa. Setidaknya itu tercermin pada saat Audisi Festival Java Jazz yang  digelar di Kampus Unsoed Purwokerto Minggu lalu.” Ini sebuah permulaan yang baik, meski sebelumnya banyak anak muda penggemar Jazz di kota ini,yang mencoba menjajal kemahiran mereka,” ujar Anna Haryono, salah seorang juri pada festival zone Purwokerto kemarin.

Ada 14 peserta yang mengikuti Audisi dan terpilih sebagai juara mewakili ke Yogkakarta group Carry Out dan Plenisser Old Guy. Perwakilan ini akan beradu di kota Gudek dengan sejumlah peserta dari kota lainnya.

Menurut Juri Festival Java Jazz Zone Purwokerto, Nanang Anna Noor,
meski masih penjajalan, namun sejumlah group sudah tampil dengan warna
jazz yang kental. ” Jazz itu sebuah musik yang tak bisa lepas dari unsur improvisasi. Sehingga harmonisasi menjadi sangat vital dalam musikalitas peserta,” ujarnya.

Menurut Nanang yang juga reporter Indosiar, pada audisi yang sebagian
besar peserta adalah mahasiswa dan pelajar itu, sebagian gagal saat
memainkan imrpoviasi.’ Ketika progresi chord dan syncope tidak dikuasai, imrpoviasi menjadi kacau dan merusak harmonisasi. Kegagalan ini sebenarnya bisa diantisipasi dengan memainkan chord chord sederhana, namun kaya melodi dan tidak berulang ulang sehingga tetap enak ditelinga kita,” tambah Nanang.

Keiteria yang digunakan untuk Road Show Festival Java Jazz yang
disponsori operator Axis ini terdiri harmonisasi,aransmen, performance dan kostum. Juara satu dan dua berhak mengikuti audisi di Yogyakarta
mereka juga mendapat hadiah masing masing Rp 1 juta dan Rp 750.000.
Sementara juara 3 mendapat hadiah Rp 500 ribu rupiah (BNC/puh/gps/ist)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. lin 20/02/2011 pukul 16:50 -

    wow… jazz di purwokerto? kapan lagi dong… kok gak ada publikasinya ya

Leave A Response