Nikah massal di hari kasih sayang

Ditulis 15 Feb 2011 - 04:16 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Sedianya ada 14 pasangan pengantin yang akan melaksanakan ‘nikah massal’, pada tanggal 14 Februari 2011, dalam rangka perayaan maulid Nabi Muhammad SAW yang secara kebetulan bertepatan dengan ‘Hari Kasih Sayang’ atau Valentine’s Day yang jatuh tgl 14  Februari. Namun akhirnya hanya 13 pasangan yang mengikuti prosesi nikah massal, karena satu pasangan terkendala persyaratan administrasi.

Adalah Titik Pujiastuti, Camat  Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang berinisiatif mengadakan pernikahan massal ini dalam rangka perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW. Ia prihatin karena banyak pasangan rumah tangga yang belum dinikahkan secara resmi, walau sudah dinikahkan ‘secara agama’.  Nikah massal kali ini yang kedua diadakan di Purwokerto Selatan, setelah sebelumnya diadakan bertepatan hari Ibu 22 Desember 2010. Dan rencananya akan berlanjut dalam acara nikah massal yang lebih ‘gebyar’ pada April 2011 mendatang dengan mengambil tempat di Unsoed Purwokerto.

Pada pelaksanaan nikah massal Senin (14/02), ada pasangan pengantin muda yaitu Aji (21) dan Riska (20), warga Kelurahan Teluk. Pasangan tertua adalah Joko Nuradi (53) dan Naritem (45), warga Kelurahan Berkoh. Pasangan pengantin tidak dimintai bayaran sepeser pun alias gratis. Bahkan mas kawin Rp. 100 ribu pun dikumpulkan dari para sponsor dan donatur.

Kepedulian Bu Camat ini mendapat diapresiasi dari tokoh masyarakat. “Melihat kondisi sebagian masyarakat yang tidak mampu, maka inisiatif Bu Camat sangat baik. Namun perlu juga diimbangi dengan sosialisasi kepada warga tentang pentingnya pencatatan pernikahan di instansi terkait baik KUA maupun Catatan Sipil sesuai UU perkawinan”, kata Juned warga yang tinggal di Berkoh. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response