Kodim 0702 Purbalingga Tanam 1 Miliar Pohon

Komandan Kodim 0702 / Purbalingga Letkol Arm Jati Bambang P, SIP menyerahkan bantuan bibit tanaman. (BNC/t)
Komandan Kodim 0702 / Purbalingga Letkol Arm Jati Bambang P, SIP menyerahkan bantuan bibit tanaman. (BNC/t)

PURBALINGGA – Mengantisipasi berbagai bencana akibat kerusakan alam, Kodim 0702 Purbalingga mencanangkan aksi tanam 1 miliar pohon selama 1 tahun. Penanaman pohon ini menyebar di seluruh pelosok Kabupaten Purbalingga dengan mengerahkan pasukan dari Kodim 0702 dan masyarakat.

“Mari kita bersama-sama melestarikan lingkungan hidup dengan tindakan-tindakan sederhana, dengan tidak menebang pohon dan justru sebaliknyakita harus banyak-banyak menanam pohon,” ujar Komandan Kodim 0702 / Purbalingga Letkol Arm Jati Bambang P, SIP saat Pencanangan Penanaman 1 Miliar Pohon di Desa Slinga Kecamatan Kaligondang, Selasa (30/11).

Dalam sambutannya, Kodim Jati mengungkapkan keprihatinannya dengan kondisi Pulau Jawa yang sejak tahun 1995 mengalami defisit air bersih sebanyak 32,3 miliar meter kubik setiap tahunnya atau sekitar 88.493 liter/hari. Akibat pemanasan global ditandai dengan kenaikan suhu bumi 2 derajat celcius, selama tahun 2010 ini Purbalingga tidak mengalami musim kemarau.

“Curah hujan yang tinggi diikuti angin kencang sering menimbulkan bencana termasuk di Purbalingga. Seperti kemarin di Desa Klapasawit Kecamatan Kalimanah dan Desa Sindang Kecamatan Mrebet,” lengkapnya.

Menurut Kodim Jati, satu-satunya upaya yang sangat bermanfaat untuk mencegah kondisi yang lebih buruk hanyalah dengan menanam dan merawat pohon. Satu pohon yang ditanam, kata dia, banyak manfaatnya anatar lain sebagai pabrik oksigen, pendinginan udara, mencegah banjir dan longsor, serta sebagai cadangan air bersih dan sumber pangan. Kodim Jati menambahkan, sampai saat ini pihaknya bersama masyarakat telah menanam 2.100 trembesi, 700 jati dan 650 kopi.

“Hari ini, kita bersama – sama menanam 4900 pohon antara lain: 1800 trembesi, 1000 kopi, 1000 albasia, 500 jati, 500 mahoni dan 100 mangga. Dan yang terpenting, mari kita jaga agar hidup sampai tumbuh,” ajaknya.

Dalam acara yang diikuti berbagai tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda termasuk mahasiswa ini, tampak hadir Wabup Sukento Ridho Marhaendrianto beserta istri. Wabup Sukento bersama-sama Kodim Jati mengawali penanaman bibit pohon didikuti para peserta yang hadir dalam upacara pencanangan itu. (BNC/c)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.