278 Kades dan Lurah se Banjarnegara Ikuti Penyuluhan Hukum

Ditulis 29 Nov 2010 - 19:19 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Sebanyak 278 Kades dan Lurah se Kabupaten Banjarnegara mengikuti kegiatan Penyuluhan Hukum yang diselenggarakan oleh Pemkab melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah, di gedung Sasana Bhakti Praja, Senin (29/11) dan Selasa (30/11). Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan dalam dua angkatan dengan menghadirkan enam narasumber dari Pengadilan Agama, Kantor Pertanahan, Polres Banjarnegara, DPPKAD dan Kejaksaan Negeri.

Henricus Eko Budiono, SH, Kabag Hukum Setda selaku coordinator penyelenggara mengatakan salah satu alasan diselenggarakannya kegiatan ini adalah keprihatinan masih adanya kasus-kasus hukum yang terjadi di desa dan kelurahan. Perkara-perkara tersebut antara lain, katanya, adalah perkara-perkara yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan yang bersumber dari APBN, APBD maupun keuangan desa. Disusul kemudian, masalah kekerasan dalam rumah tangga, pertanahan, kawin cerai serta masalah main hakim sendiri. “Sudah barang tentu para Kepala Desa dan Lurah dituntut untuk bertindak hati-hati, arif dan bijaksana dalam mensikapi masalah-masalah tersebut” katanya.

Sementara itu, Sekda Syamsudin, S. Pd., M. Pd., yang membuka secara resmi kegiatan penyuluhan hukum ini menyatakan harapannya penyuluhan hukum ini dapat menjadi sarana untuk saling berkomunikasi antara aparat desa dan kelurahan dengan narasumber dalam rangka untuk pencerahan dalam tugas masing-masing. Manfaat positif lain, lanjutnya, adalah membekali peserta dengan hal-hal yang berkaitan dengan aspek hukum.

“Saya berharap para peserta untuk mengikuti forum hukum ini dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan” katanya. (BNC/eko)

Tentang Penulis

Leave A Response