110 Guru Ikuti Seleksi Calon Kepala Sekolah

Ditulis 29 Nov 2010 - 09:01 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Bertempat di Gedung PD II PGRI, Jumat hingga Sabtu (27/11), 110 orang guru mengikuti seleksi Calon Kepala Sekolah yang diselenggarakan oleh Bidang Kependidikan dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Olah Raga. Seleksi diikuti oleh 110 orang guru yang bersedia mencalonkan diri sebagai Kepala Sekolah. ”Pendaftar calon Kepala Sekolah SD sebanyak 83 orang guru dan pendaftar calon Kepala Sekolah SMP sebanyak 27 orang guru” jelas Drs. Noor Tamami, MM, Kabid Kependidikan dan Tenaga Kependidikan.

Melalui seleksi ini, lanjutnya, dimaksudkan agar dapat diperoleh calon Kepala Sekolah yang memenuhi syarat-syarat tertentu, kompeten serta profesional dalam pelaksanaan tugasnya. Selain itu, imbuhnya, seleksi ini diharapkan mampu menghasilkan calon Kepala Sekolah yang mempunyai dedikasi tinggi serta komitmen yang kuat dalam memajukan pendidikan untuk suksesnya Wajib Belajar 9 Tahun di Kabupaten Banjarnegara.

”Keuntungan lain dari diselenggarakannya seleksi adalah memudahkan Pejabat Pembina Kepegawaian beserta Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan menempatkan PNS Guru sesuai dengan standar mutu yang telah ditentukan” katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Noor, dilaksanakan proses seleksi yang bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LMPP) Jawa Tengah. Metode seleksi dilakukan dengan cara tes tertulis dan wawancara. ”Materi yang diujikan berupa tes kepemimpinan, kepribadian, kecerdasan emosi, sikap, bakat dan keterampilan serta karya ilmiah” imbuhnya.

Assisten Bidang Administrasi, Wawang A. Wakhyudi, SH, M.Si, MH., mewakili Bupati dalam kesempatan tersebut menyatakan pendidikan merupakan salah satu pilar yang sangat penting untuk menentukan arah bangsa ke depan. Pembangunan, lanjutnya, tidak dapat lepas dari peran guru, mengingat peran guru sebagai pengajar, pelatih, juga berperan sebagai pembimbing ataupun konselor. ”Karena itu Pemerintah menjadi layak memberikan apresiasi besar terhadap peran guru tersebut” katanya.

Salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah, lanjutnya, adalah pemberian penghargaan dalam bentuk promosi yang merupakan upaya Pemerintah dalam memberikan motivasi dan dorongan kepada Guru untuk terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan. Melalui seleksi Calon Kepala Sekolah ini, imbuhnya, diharapkan para pemangku kepentingan akan terpacu untuk mencurahkan perhatiannya dalam pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru. ”Saya berharap Seleksi calon Kepala Sekolah berlangsung obyektif, tanpa pengaruh dan campur tangan pihak manapun” katanya.

Obyektifnya seleksi penting, imbuhnya, agar seleksi yang diselenggarakan betul-betul dapat menghasilkan calon-calon Kepala Sekolah yang memenuhi standar mutu yang ditentukan dan benar memiliki dedikasi yang tinggi serta komitmen yang kuat untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Banjarnegara. (BNC/ko)

Tentang Penulis

Leave A Response