Eks penderita penyakit kronis terima bantuan modal usaha

Ditulis 29 Jul 2009 - 00:58 oleh Banyumas1

Sebanyak 25 warga eks penderita penyakit kronis di Kawedanan Ajibarang, Banyumas mendapatkan bantuan modal usaha. Masing-masing warga itu akan mendapatkan bantuan senilai Rp 1 juta. Bantuan ini diharapkan bisa memberikan mereka rasa percaya diri dan bisa hidup mandiri.

Kabid Penanggulangan Bencana, Kemiskinan, dan Rehabilitasi Sosial (PBKRS) Dinsos Banyumas, Herry Kisyanto, Selasa (28/07) mengatakan, bantuan ini untuk memberikan motivasi kepada warga eks penderita penyakit kronis, agar mereka tetap berkarya sesuai dengan kemampuannya.

“Ini untuk melatih kemandirian mereka supaya mereka tetap berkarya dan tidak menjadi beban orang lain,” katanya saat ditemui disela-sela bimbingan rehab sosial dan pelatihan kerja produktif terhadap eks penderita penyakit kronis di aula Kecamatan Ajibarang .

Dia menambahkan, sebelum mendapatkan bantuan modal usaha, mereka lebih dulu mendapatkan pembinaan dan pelatihan kerja produktif, yang melibatkan unsur Puskemas, Departemen Agama, dan tim Muspika Ajibarang.
Tujuannya, meningkatkan kualitas taraf hidup. “Selain itu, kedepannya diharapkan mereka bisa mandiri, mampu berinteraksi dengan linmgkungan, serta bertanggungjawab terhadap keluarga,” beber Harry.

Lebih lanjut Harry menjelaskan, setelah mendapatkan pelatihan kerja produktif mereka akan tergugah untuk menekuni
kegiatan yang dibutuhkan, seperti keahlian menjahit, berdagang, dan lain-lainnya.

Selain memberikan bantuan berupa modal usaha, Dinsos tahun depan akan memberikan kepada warga miskin yang berupa uang transport senilai Rp 400.000 per orang. Bantuan untuk modal usaha dan transport tersebut diambil dari APBD 1 dan APBD 2.  Ini sesuai dengan UU No 4 tahun 1997 tentang penyandang cacat. (banyumasnews.com/pjl)

Tentang Penulis

Leave A Response