TP PKK Purbalingga Salurkan Bantuan Pos PAUD 150 Juta

Ditulis 29 Nov 2010 - 08:59 oleh Banyumas1
PURBALINGGA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga menyalurkan Bantuan Rintisan Pos PAUD senilai Rp 150 juta untuk 12 kelompok. Bantuan senilai masing-masing Rp 12,5 juta ini dapat digunakan untuk membeli alat-alat permainan edukatif dan kebutuhan operasional.

“Saya berharap para orang tua wali murid untuk mengawasi penggunaan dana ini. Dana ini sama sekali tidak dipotong apapun, utuh hanya untuk meningkatkan kualitas bimbingan untuk mendidik anak-anak di Pos PAUD penerima bantuan,” ujar Ketua TP PKK Purbalingga Ny Sudarli Heru Sudjatmoko saat memberikan bantuan ke Pos PAUD Al Amin Desa Candiwulan Kecamatan Kutasari, Jumat (26/11).

Selama ini Rintisan Pos PAUD seringkali mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan operasional termasuk pengadaan alat-alat permainan edukatif. Para penyelenggara tidak mungkin menarik iuran dari orang tua/ wali murid karena rata-rata hidup di bawah garis kemiskinan.

“Para penyelenggara Pos PAUD kebanyakan merogoh kantongnya sendiri untuk belanja kebutuhan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Orang tua mau mengantar anaknya ke Pos PAUD saja sudah bagus sekali. Bisa-bisa mereka tidak mau lagi mengantar anaknya ke Pos PAUD lagi kalau penyelenggara meminta sumbangan,” jelasnya.

Menurut Sudarli, bantuan ini berasal dari APBN yang dikelola Pemprov Jateng bekerjasama dengan TP PKK Provinsi Jateng. Bantuan ini bukan termasuk bantuan rutin, sehingga mengenai jumlah penerima, nominal uang dan sumber anggaran tidak dapat dipastikan.

Sebanyak 12 Pos PAUD penerima bantuan sebelumnya diseleksi sesuai beberapa persyaratan, seperti harus sudah berjalan minimal satu tahun, memiliki minimal 20 siswa, memiliki tutor tetap minimal 2 orang, serta memiliki arsip yang rapi dan rutin dilaporkan ke Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan setempat. Keberhasilan sebuah Pos PAUD menerima bantuan sangat tergantung dari keaktifan TP PKK Kecamatan dan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan setempat, disamping memperhitungkan kuota yang tersedia.

Ke-12 Pos PAUD yang menerima bantuan ini yakni Pos PAUD “Al Amin” Desa Candiwulan Kecamatan Kutasari, “Al Ikhlas” Desa Majapura Bobotsari, “Karya Sejahtera’ Desa Bakulan dan “Kuncup” Desa Jetis (Kemangkon), “Cahaya Hati” Desa Selanegara Kaligondang, “Pelangi 2” Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol.

Selain itu, ada pula Pos PAUD Ulul Albab Desa Condong Kecamatan Kertanegara, “Oemah Cinta’ Desa Campakoah Mrebet, Sinar Melatri Desa/Kecanatan Mrebet, dan “Anggar Asih” Desa Larangan Kecamatan Pengadegan.

Dalam penyaluran bantuan yang berlangsung sejak tanggal 20 November hingga 6 Desember 2010 ini, Sudarli langsung turun ke desa bersama rombongan TP PKK Kabupaten menengok Pos PAUD penerima bantuan dan berbincang langsung dengan wali muridnya. Sudarli selalu menitikberatkan perhatian orang tua pada asupan jajan yang dinikmati anak-anaknya, agar dihindarkan dari zat pewarna berbahaya, pengawet dan penyedap rasa berlebihan. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response