Disnakan Banyumas Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban

Ditulis 17 Nov 2010 - 11:46 oleh Banyumas1
CACING HATI: Petugas Disnakan ,Rabu (17/11) temukan cacing hati disejumlah tempat pemotingan hewan kurban (fot:nan/BNC)

CACING HATI: Petugas Disnakan ,Rabu (17/11) temukan cacing hati disejumlah tempat pemotingan hewan kurban (fot:nan/BNC)

BANYUMAS-Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, saat melakukan pemeriksaan Rabu (17/11) tadi pagi, menemukan puluhan cacing hati pada hewan kurban. Daging sapi tersebut kemudian dimusnahkan agar tidak dikonsumsi warga.

Ditempat pemotongan hewan kurban yang berada di Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas inilah petugas menemukan daging bermasalah tersebut. Petugas terpaksa menyita puluhan kilogram daging sapi yang mengandung penyakit.

BELATUNG: Belatung atau cacibg hati ini menyebar ke sejumlah jaringan daging sapi kurban (foto:nan/BNC)

BELATUNG: Belatung berupa cacing hati ini menyebar ke sejumlah jaringan daging sapi kurban (foto:nan/BNC)

Cacing hati yang menempel pada daging sapi ini tampak jelas bergerak gerak. Hewan yang bisa menimbulkan penyakit bagi manusia ini sudah menyebar disejumlah jaringan.

Petugas langsung memisahkan daging daging yang berbahaya jika dikonsumsi ini. Agar tidak dikonsumsi manusia, daging ini kemudian disiram dengan disinfektan.

“ Kami akan memusnahkan semua daging yang berisi cacing ini. Ini sangat berbahaya kalau dikonsumsi,” ujar dr Dewi Ratnawati, petugas Disnakan.

Menurut petugas, pemeriksaan ini dilakukan disejumlah lokasi pemotongan hewan kurban. Kegiatan ini dalam rangka melindungi masyarakat agar tidak salah dalam mengkonsumsi daging. Daging daging ini nantinya akan dimusnahkan (BNC/puh).

Tentang Penulis

Leave A Response