Pelantikan Kwaran Madukara

Ditulis 11 Nov 2010 - 18:11 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Bertempat di aula Koperasi Guru Madukara, Selasa siang (09/11), Ketua Kwarcab Syamsudin, S. Pd., M. Pd., melantik Jajaran Kepengurusan Kwaran Madukara masa bakti 2010 – 2013. Secara hierarkhis, Ketua Kwarcab melantik Pengurus Majlis Pembina Ranting yang diketuai Tati Sukowati, S. Sos. yang juga merupakan Camat Madukara. Dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Ranting Pramuka yang diketuai oleh Supraptono, S. Pd., SD.

Di dalam sambutannya Ka Kwarcab menyatakan Pramuka merupakan solusi alternative atas berbagai masalah bangsa yang akhir-akhir ini banyak dikeluhkan. Terutama berbagai permasalahan yang termasuk ranah dunia pendidikan. Kritikan tajam bahwa dunia pendidikan telah kehilangan ruh, bangsa tengah mengalamai degradasi moral, dan terpisahkanya dunia pendidikan dari alam sekitar jawabannya ada semua dalam pramuka.

“Pramuka melatih kader-kadernya untuk berjiwa social, bela Negara, sukarela, tanggung jawab, berani dan sebagainya melalui pendidikan yang diselenggarakan di alam terbuka” katanya.

Di dalam pramuka, lanjutnya, kita dilatih persaudaraan. Panggil seniornya dengan Kanda dan Yanda. Selain itu, keterampilan yang diajarkannya membuat angota-anggotanya mampu mandiri dan lebih percaya diri. Karena itu, pengembangan kebijakan pendidikan harus menyertakan pendidikan bagi generasi muda. “Tanpa perhatian terhadap generasi muda, maka omong kosong kalau kita mampu melahirkan bangsa yang unggul di masa depan” katanya.

Sementara itu, menurut Supraptono meskipun pelantikan baru dilakukan bulan ini tetapi sejumlah agenda program kerja telah selesai dilaksanakan. Diantaranya adalah keikutsertaan dalam Jambore IV di Karangkobar. Ia berharap dalam kepengurusan nanti terjadi sinergi antara Mabiran dengan Pengurus. “Saya percaya, kepengurusan yang kuat akan melahirkan organisasi yang kuat pula” katanya. (BNC/eko)

Tentang Penulis

Leave A Response