Sekda Banjarnegara: Ruh Guru adalah Pejuang

Ditulis 11 Nov 2010 - 17:56 oleh Banyumas1


BANJARNEGARA – Ruh seorang guru adalah ruh pejuang. Dia harus siap dengan kondisi medan yang ada dan siap untuk peran yang ada. Seperti yang dicontohkan oleh kesahajaan Panglima Besar Sudirman yang juga seorang guru yang mengambil peran penting ketika bangsa dan Negara membutuhkannya. “Semangat pengorbanan seperti inilah yang harus diwarisi oleh seorang guru yang baik” kata Sekda Syamsudin, S. Pd., M. Pd..

Hal tersebut disampaikannya  di depan peserta Pelantikan Pengurus PGRI Ranting Purwareja Klampok masa bakti 2010-2015 di Aula Disdikpora. Lebih lanjut Ia menyampaikan adanya sertifikasi guru seharusnya tidak membuat guru kehilangan jati dirinya dan terjebak pada kepentingan materi semata. Sertifikasi merupakan salah satu bentuk penghargaan pemerintah terhadap guru. “Hakekatnya guru adalah seorang pendidik. Karena itu, tunjukan profesionalitas guru” katanya.

Sementara itu, Sudarsono, Pengurus Daerah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam sambutnya menyatakan sekarang ini untuk wilayah Purwareja Klampok sudah 30 % guru lolos sertifikasi. Dengan adanya sertifikasi tersebut, guru juga harus memperhatikan tuntutan masyarakat yang menghendaki guru harus professional. “Jangan lihat tuntutan tersebut sebagai iri hati, tetapi justru merupakan tantangan bagi guru-guru untuk membuktikan profesionalitasnya” katanya.

Peningkatan kesejahteraan guru tersebut, lanjutnya, sesungguhnya bukan untuk guru semata. Melainkan untuk kepentingan dunia pendidikan yang dituntut menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. “Bila dunia pendidikan maju, maka bangsa dan Negara akan kuat” katanya.

PGRI, lanjutnya, mempunyai beberapa rekomendasi keputusan Konggres yang  sampai saat ini masih diperjuangkan di tingkat legislasi dan kebijakan pemerintah yaitu kebijakan pemihakan anggaran pendidikan sebesar 20%. Meski usulan ini sudah diadopsi di tingkat pemerintahan tapi masih ada perbedaan persepsi. “Yang kita maksud 20% adalah anggaran pendidikan di luar gaji” urainya. (BNC/eko)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Afif 08/01/2012 pukul 03:33 -

    Menawarkan papan data dinding untuk Kantor,Profile Desa,PKK,dll

Leave A Response