Perubahan Jadwal Keberangkatan Calon Jamaah Haji

Ditulis 05 Nov 2010 - 20:06 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA– Jadwal keberangkatan Calon Jamaah Haji Kabupaten Banjarnegara Kloter 86 dan 87 menuju Embarkasi Haji Donohudan Boyolali mengalami perubahan waktu. Semula kedua rombongan direncanakan akan diberangkatkan pada hari Ahad tanggal 07 November pukul 02.00 dini hari dari Pendopo Dipayudha Adigraha. “Jadwal baru menetapkan keberangkatan Jamaah masih tetap pada hari yang sama tetapi waktunya menjadi pukul 06.00 WIB” kata Dwi Suryanto, S. Sos, Kabag Kesra selaku Wakil Ketua Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji Daerah (P3HD).

Menurutnya, hal ini terjadi karena P3HD menyesuaikan perubahan jadwal penerbangan yang diatur oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) SOC Solo. Rombongan akan dilepas oleh Bupati bersama Muspida dari halaman Pendopo pada hari Ahad pagi. “Selain Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah akan menyertai kepergian jamaah menuju asarama Haji Donohudan dan sekaligus menyerahkannya pada PPIH” katanya.

Sementara itu, menurut M. Fauzi, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementrian Agama Kabupaten Banjarnegara 679 calon jamaah haji siap diberangkatkan. Tidak ada yang pindah atau mengundurkan diri. Menjelang keberangkatan ini, Ia mengharapkan jamaah untuk hati-hati dan menjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya. ”Kebugaran fisik penting dalam menjalankan ibadah haji” katanya.

Aktivitas pemberangkatan jamaah calon haji, lanjutnya, telah dimulai sejak hari Kamis-Jumat berupa pengumpulan Koper Jamaah di aula kantor Kementrian Agama. Sabtu pagi (06/11) rencananya seluruh koper akan diangkut oleh 6 buah truk yang akan berangkat mendahului rombongan jamaah menuju Embarkasi Donohudan, Boyolali. “Soal keamanan menjadi prioritas. Pengiriman koper akan dikawal oleh panitia dan kepolisian” ujarnya.

Berkait dengan pengunduran waktu keberangkatan, Fauzi menambahkan, perkembangan aktivitas erupsi gunung Merapi telah membuat adanya perubahan jadwal penerbangan Haji yang ditempuh oleh pihak Garuda. Menurut Garuda hal ini ditempuh dalam rangka memberikan keamanan dan kenyamanan kepada jamaah. “Karena itu sejak penerbangan Kloter 64 tanggal 03 November lalu sampai dengan Kloter 88 Embarkasi Haji SOC Solo, seluruh jamaah direncanakan akan diterbangkan dari Lapangan Terbang Juanda Surabaya” katanya.

Meskipun begitu, lanjutnya, Pemeriksaan berkas-berkas kelengkapan Haji Kloter 86 dan 87 tetap akan dilakukan di Asrama Haji Donohudan. Setelah itu, pada pukul 23.00 malam harinya pihak Garuda akan memberangkatkan Jamaah Calon Haji Kloter 86 menuju Juanda, Surabaya. “Hari Senin 08 November pukul 07.30 pagi esok harinya, Kloter 86 akan diberangkatkan menuju Jeddah, Saudi Arabia” katanya.

Berbeda waktu dengan Kloter 86, Kloter 87 yang mendapat tambahan rombongan jamaah dari Kudus akan diberangkatkan menuju Juanda pada pukul 01.00 dinihari. Kloter 87, lanjutnya, akan terbang menuju Saudi pada Hari Senin, 08 November pukul 09.00.

Ia juga menginformasikan karena kesibukan pelayanan haji menjelang keberangkatan Kloter 86-87, maka pelayanan pendaftaran jamaah haji untuk sementara ditutup dan akan dibuka kembali pada hari Rabu 10 November. Tercatat 748 calon jamaah untuk tahun 2011, 723 untuk tahun 2012, 765 untuk tahun 2013, dan 772 untuk tahun 2014. “Untuk tahun 2015, sampai hari Jumat siang ini (05/11), terdaftar 230 calon jamaah haji untuk tahun keberangkatan 2015” katanya. (BNC/eko)

Tentang Penulis

Leave A Response