Polda Jateng Siagakan Pasukan Amankan Harta Benda Pengungsi Merapi

PURBALINGA– Kapolda Jateng Irjen Pol Edward Aritonang menegaaskan, pihaknya menyiapkan tiga kepolisian resort (Polres) di sekitar Gunung Merapi, untuk mengamankan harta benda pengungsi. Tiga Polres tersebut yakni Polres Boyolali, Polres Magelang, dan Polres Klaten.

“Saat ini sudah ada 1.100 pasukan yang diterjunkan untuk mengamankan harta benda milik pengungsi. Mereka ditempatkan di sekitar rumah-rumah yang ditinggal mengungsi,” kata Kapolda disela-sela upacara serah terima jabatan Kapolres Purbalingga di alun-alun Purbalingga (Jateng), Kamis (4/11). Kapolres Purbalingga diserahterimakan dari AKBP Drs Ruslan Effendi, M.Si kepada penggantinya AKBP Roy Hardi Siahaan, SIK, SH, MH.

Menurut Kapolda, pihaknya perlu menerjunkan pasukan karena akan melindungi harta benda pengungsi. “Jangan sampai para pengungsi yang sudah kesusahan malah akan makin menderita dengan harta bendanya yang hilang dicuri. Polisi mendata harta benda pengungsi yang ditinggalkan di rumah,” kata Kapolda.

Kapolda menambahkan, pihaknya tengah menyiapkan tenda-tenda pengungsi di lokasi baru di luar radius 15 kilometer. Tenda-tenda ini untuk mengantisipasi melebarkan wilayah bahaya Merapi yang semakin mangganas. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.