Pemkab Serahkan 13 Raperda ke DPRD

Ditulis 26 Okt 2010 - 19:01 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Sebanyak 13 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) diserahkan dari Bupati Purbalingga yang diwakili Wabup Drs. Sukento Marhaendrianto, MM kepada Wakil Ketua DPRD HM. Maskur dalam Rapat Paripurna DPRD di Gedung DPRD Purbalingga, Selasa (26/10). Lima dari 13 Raperda yang diserahkan membahas tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang akan mengalami perubahan cukup signifikan.

“Secara filosofis dan sosiologis penataan kembali kelembagaan perangkat daerah didasarkan pada upaya efisiensi dan optimalisasi kinerja pernagkat daerah,” ujar Bupati Drs. Heru Sudjatmoko M.Si dalam sambutan yang dibacakan Wabup Sukento. Tak hanya itu, kata dia, penataan SOTK ini juga dimaksudkan untuk menyelaraskan nomenklatur, menyesuaikan dengan perkembangan kebutuhan pemerintah daerah dan lingkungan strategis agar pelayanan kepada masyarakat lebih optimal.

Bupati Heru juga menyampaikan dalam penataan organisasi perangkat daerah, pemkab telah melaksanaan evaluasi dan pengkajian yang mendalam sesuai dengan urusan yang menjadi kewenangannya. Semua itu berpedoman pada Permendagri Nomor 12 tahun 2008 tentang Pedoman Analisis beban Kerja di lingkungan Pemerintah daerah.

Kelima raperda terkait organisasi dan tata kerja mencakup Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan, Dinas Daerah, Lembaga Teknis Daerah, Satpol PP dan lembaga lain serta satuan Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI. Raperda lainnya membahas tentang pedoman penyusunan Rencana Pembangunan Jangka menengah desa dan rencana kerja pembangunan desa. Ada juga Raperda atas pencabutan atas Perda Nomor 11 tahun 2000 tentang APBD, tata cara pembentukan dan pengelolaan Bumdes, pajak, bea hak atas tanah, pembubaran perusda, pembubaran purbahusada, dan pencabutan atas peraturan-peraturan Nomor 6 tahun 2001 tentang retribusi dan ketenagaan. (BNC/t)

Tentang Penulis

Leave A Response