Siswa SD N 2 Blater Karya Wisata Ke Pusat Pemerintahan Purbalingga

Ir Prayitno, M.Si tengah memberikan penjelasan tentang tugas-tugas kehumasan kepada siswa-siswi SDN Blater 2. (BNC/Tgr)
Ir Prayitno, M.Si tengah memberikan penjelasan tentang tugas-tugas kehumasan kepada siswa-siswi SDN Blater 2. (BNC/Tgr)

PURBALINGGA – Sebanyak 45 siswa SD Negeri 2 Blater Kecamatan kalimanah didampingi 12 guru, berkarya wisata ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Purbalingga Sabtu (23/10). Para siswa dengan antusias mengunjungi Gedung DPRD, Pendopo Dipokusumo, Bagian Humas Setda Purbalingga, Pemadam Kebakaran dan terakhir ke Masjid Darussalam.

“Kegiatan ini bertujuan menambah wawasan dan meningkatkan daya ingat serta observasi ke obyek nyata sebagai implementasi ilmu yang telah diajarkan oleh guru,” ujar Kepala Sekolah SD Negeri 2 Blater, Ummi Mukaromah, S.Pd yang turut mendampingi siswa kelas 5 dan 6 ini.

Gedung DPRD menjadi obyek yang pertama dikunjungi. Agar tidak mengganggu  kegiatan para wakil rakyat di Ruang Rapat Paripurna, para siswa segera mengalihkan wisata uniknya ke Pendopo Dipokusumo. Usai dari Pendopo, para siswa melanjutkan kunjungannya ke Bagian Humas Setda Purbalingga.

Di ruang Bagian Humas, para siswa diperkenalkan dunia Kehumasan pemkab dan pers Purbalingga. Mereka mendengar langsung penjelasan Kepala Subbag Pemberitaan dan Media Massa Ir. Prayitno, M.Si tentang bagaimana para kru humas mendokumentasikan kegiatan pemkab dan menulis berita untuk dikirimkan kepada para wartawan. Para siswa ini juga menikmati sajian foto-foto yang menjadi dokumentasi Bagian Humas. Sebagai tanda mata, para siswa dan guru menerima buku-buku karya Bagian Humas seperti Kilas Sejarah Purbalingga, Petuah Bijak, Sejarah Jend Soedirman dan Gelar Budaya Purbalingga.

Setelah puas mereguk ilmu di Bagian Humas, merekapun mengunjungi Pemadam Kebakaran dan mempelajari bagaimana kesigapan para pemadam ini saat bertugas dan memberikan bantuan kepada korban kebakaran. Sambil melepas lelah dan menjalankan Ibadah Sholat Dhuhur, merekapun menutup karya wisata ini di Masjid Darussalam.

Meskipun obyek yang dikunjungi tampak biasa saja, tapi bagi anak-anak yang mayoritas dari pelosok pedesaan di Blater, kegiatan ini sangat menyenangkan dan bermanfaat baginya. Bahkan setelah mengunjungi Bagian Humas, mereka bertekad mempelajari internet yang belum pernah mereka akses karena keterbatasan fasilitas di sekolahnya. (BNC/c)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.