Banjarnegara galakan budidaya teh

Ditulis 28 Jul 2009 - 23:37 oleh Banyumas1

Kabupaten Banjarnegara kini tengah menggalakan budidaya teh. Hal itu dilakukan dalam upaya memenuhi permintaan teh darisejumlah pabrik di Pekalongan dan Tegal. Saat ini peluang  budidaya teh masih terbuka.

“Luasan tanaman teh di Banjarnegara saat ini sekitar 1989,96 Hektar. Tersebar di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Kalibening,Wanayasa, Karangkobar, Pandanarum, Pejawaran, Batur, dan Pagentan,” ujar Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dinhutbun) Kabupaten Banjarnegara Ir. Singgih Haryono, Selasa (28/07) mengatakan,

Menurut Singgih, permintaan teh masih tinggi. Dari kapasitas produksi 25 ton per hari, baru terpenuhi sekitar 15 sampai 17 ton. Pihaknya sedang mengupayakan sosialisasi bertahap agar petani terus menambah luasan lahan untuk budidaya teh.

Dijelaskan, prospek perkebunan teh masih bagus. Harga teh juga relatif stabil, yakni pada kisaran Rp.1000,- sampai Rp.1100,-budidaya TEHHHHHper kilogram. Tanaman teh mampu panen tiap hari dan usianya mencapai 50 tahun (banyumasnews.com/gip).

Tentang Penulis

Leave A Response