Selasa Pahing, puluhan calon akseptor KB MOW tak datang

Ditulis 28 Jul 2009 - 23:31 oleh Banyumas1

Adanya kepercayaan di kalangan masyarakat eks Karesidenan Banyumas meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara, agar tidak bepergian pada hari pasaran Pahing, benr benar terbukti. Setidaknya itu dialai puluhan akseptor KB Medis Operasi Wanita (MOW) di Karangmoncol Purbalingga. Mereka terpaksa tidak mendapat pelayanan KB.

Kepala UPT BKBPP Karangmoncol Juweni kepada wartawan, Selasa (28/7),menuturkan, selain kepercayaan terkait hari pasaran pahing itu, warga juga enggan datang ke tempat pelayanan karena sebagian wilayah di Purbalingga saat ini sedang musim panen padi.” Dari perekrutan sebelumnya, wilayah kecamatan Karangmoncol sedianya mengirim 24 orang akseptor KB. Tapi yang datang 19 orang. Lima akseptor lainnya tidak mau datang  karena mempercayai pantangan  bepergian pada hari pasaran pahing,” ujarnya.

Sementara salah seorang akseptor menuturkan, dia tak bisa datang karena tidak mendapat ijin dari suami, terkait pantanganbepergian pada Selasa pahing tersebut. “S ebenarnya saya mau datang. Tapi oleh orang tua dan suami saya tidak dibolehkan. Katanya karena pas hari pasaran pahing,” ujar Titin (30), warga Desa Pepedan Karangmoncol.

Karena itu bagi akseptor KB MOW yang belum mendapat pelayanan, bisa dilayani pada hari Sabtu (1/8) di Rumah sakit daerah Purbalingga. Pelayanan MOW di kecamatan Karangmoncol itu merupakan rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional(Harganas) dan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara. Pelayanan yang sama juga diselenggarakan di kompleks gelanggang olah raga (GOR) Mahesa Jenar Purbalingga.

Kabid KB BKBPP Purbalingga Hendroko Suroso menyebutkan, dalam tahun 2009 akseptor kbpelayanan KB MOW massal ini rencananya diselenggarakan selama empat kali. Pelayanan pertama sudah dilaksanakan pada bulan April lalu, dengan jumlah peserta 281 akseptor. Tanggal 27 dan 28 Juli ini melayani 255 akseptor. Kegiatan pelayanan MOW massal akan kembali dilaksanakan pada bulan Oktober, dalam rangkaian kegiatan memperingati hari ulang tahun TNI (banyumasnews.com/pbg)

Tentang Penulis

Leave A Response