Protes Penambangan Liar ,Warga Gumelar Gelar Aksi Kubur diri,

KUBUR DIRI: Warga Desa Paningkaban Gumelar saat berdoa sambil mengubur sebagain tubuhnya di areal penambangan emas liar (foto:puh/BNC)
KUBUR DIRI: Warga Desa Paningkaban Gumelar saat berdoa sambil mengubur sebagain tubuhnya di areal penambangan emas liar (foto:puh/BNC)

BANYUMAS-Khawatir akan terjadinya longsor akibat penambangan liar yang makin merajalela, warga Desa Paningkaan Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas, Jateng melakukan protes dengan cara aksi kubur diri. Sebagian tubuh mereka dikubur ditanah yang kini terancam longsor. Aksi ini sebagai bentuk kekecewaan mereka terhadap pihak terkait yang tidak melakukan tindkaan apapun terhadap penambangan emas ilegal tersebut.

Ancaman longsor dan munculnya limbah penambangan emas liar di Desa Paningkaban Kabupaten Banyumas ini sudah sangat meresahkan warga. Mereka yang rumahnya berada dibawah lokasi penambangan khawatir jika sewaktu waktu bukit tersebut
longsor.

“Selain itu limbah pembuangan emas yang mengalir ke sungai juga menimbulkan penyakit kulit, sehingga kami tak berani menggunakan sungai tersebut,” ujar Suharti (40) warga setempat.

Protes ini sudah pernah disampaikan kepada pemilik penambangan, namun tidak mendapat tanggapan apapun. Bahkan kini areal tanah yang ditambing makin meluas. Tercatat sudah 60 lubang penambangan emas di tanah seluas sekitar dua hektar itu. Areal
penambangan ini berada diatas pemukiman penduduk, sehingga sewaktu waktu bisa terjadi longsor.

Para wanita ini kemudian melakukan aksi dengan mengubur sebagian tubuh mereka sebagai simbol kekecewaan terhadap pemerintah Kabupaten Banyumas yang dianggap tidak tanggap adanya ancaman longsor. Ironisnya penambangan yang sudah berlangsung selama dua tahun itu tidak memilki ijin alias ilegal.

Warga berharap dinas terkait dan aparat bisa melakukan upaya serius mengantisipasi dampak buruk yang bisa sewaktu waktu terjadi. karena penambangan emas liar tersebut kini benar benar telah meresahkan warga (BNC/puh).

2 Comments

  1. Aksi kubur itu kayaknya cuma simbol saja. Seperti aksi kubur di penambangan pasir ilegal di luar jawa. Bahwa mereka protes tapi tidak berani. Intinya mereka resah dan protes. Cuma biasanya disekitar sebuah kegiatan ilegal selalu ada kelompok preman yang menakut nakuti mereka untuk tidak bersuara. Itulah tugas aparat menjaga keamanan rakyat yang sesungguhnya

  2. moga moga sing pada dadi pentholan mangerteni keresahanane warga Paningkaban kiye….! aja njur kong kalikong nggolet keuntungan thok… Rungokna…! Laksanakna…! aja kesuwen goli ngatur sing pada nambang nang Paningkaban kiye….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.