Puluhan Rumah di Cilongok Hancur Diterjang Puting Beliung

Ditulis 04 Okt 2010 - 19:44 oleh Banyumas1

BANYUMAS_ Puluhan rumah  3 desa di  Kecamatan Cilongok Banyumas Jateng porak poranda dan belasan lainnya dalam kondisi hancur akibat terjangan puting beliung, Senin (04/10) petang. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian akibat bencana ini mencapai ratusan juta rupiah.

Reporter BanyumasNews.Com, PUH Leksana yang berada di lokasi melaporkan, bencana angin tersebut terjadi sekitar pukul 15.30. Saat itu berlangsung hujan deras.

“Tiba-tiba angin berputar putar sekitar 10 menit dan pohon kelapa serta sengon bertumbangan. Untung kami segera keluar sehingga selamat,: ujar Tarsiwen (32) warga Dusun Kalipancur Desa Rancamaya yang rumahnya tertimpa dua pohon kelapa hingga rata dengan tanah.

Hingga Senin malam  petugas masih mendata jumlah rumah yang rusak akibat tertimpa pohon. Petugas meminta kepada warga yang rumahnya berada di sekitar pohon agar mengungsi ke rumah kerabat mereka yang lebih aman.

Camat Cilongok Fatikhul Iksan yang berada di lokasi mengatakan daerah tersebut selama ini memang dikenal rawan bencana puting beliung. Di wilayah tersebut terdapat pohon pohon besar yang berada disekitar pemukiman. Bencana itu juga merobohkan dua tiang listrik sehingga jaringan listrik mati.

” Kondisi terparah di Desa Rancamaya yang mencapai 13 rumah. Namun alhamdulillah tak ada koran jiwa,” ujar Camat Cilongok Fatikul Ikhsan.

Tiga desa yang dilanda angin puting beliung Desa Rancamaya, Cilongok dan Pernasidi. Data sementara, 12 rumah rusak parah, 23 rumah rusak ringan. Kerugian sementara ditaksir mencapai ratusan juta rupiah (BNC/puh)

Tentang Penulis

Leave A Response