Gapoktan Ngudi Rejeki Dinilai Tim Nasional

PURBALINGGA – Gabungan kelompok Tani (Gapoktan) Ngudi Rejeki Desa Gondang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Sabtu (2/10) dievaluasi oleh Tim Evaluasi Gapoktan Berprestasi 2009 Tingkat Nasional. Tim Evaluasi Nasional dipimpin Ir Saud Buntoan, M.Si dari Kementerian Pertanian RI. Kedatangan Tim diterima oleh Kepala Badan Penyuluhan Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Purbalingga Ir Drajat DH, Kabag Perekonomian Setda Mukodham, S.Pt dan para pengurus serta pendamping Gapoktan. Ikut hadir pula Tim Provinsi Ir. Syamsul dari BPTP (Badan pengkajian Teknologi Pertanian) Jawa Tengah.

Kabag Perekonomian Setda Mukodham, S.Pt mengatakan, Gapoktan Ngudi Rejeki merupakan salah satu Gapoktan berprestasi tingkat Jawa Tengah pada tahun 2010 ini. Atas prestasi ini, maka Gapoktan Ngudi Rejeki mendapat evaluasi dari Tim Nasional. Gapoktan ini bersaing dengan empat kabupaten lain yakni Gapoktan Sido Makmur Karangtengah, Poncowarno Kebumen, Gapoktan Ngudi Luhur Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung Magelang, dan Gapoktan Hasti Mulya Kelurahan Begajah Kabupaten Sukoharjo.

“Gapoktan yang berprestasi nantinya akan diundang untuk mendapat penghargaan pada rangkaian acara Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) tahun 2010 di Jakarta Convention Centre tanggal 21 – 24 Oktober,” kata Mukodam.

Dijelaskan Mukodam, Gapoktan Ngudi Rejeki merupakan wadah dari semua kelompok tani yang ada di Desa Gondang yang terbentuk berdasarkan kesepakatan seluruh petani anggota dan warga masyarakat pada tanggal 2 Juli 2007. Pada saat awal pembentukan Gapoktan hanya diikuti oleh 5 kelompok tani, dan dengan semangat dan kerja keras dari semua elemen maka pada tahun 2009 Gapoktan Ngudi Rejeki mendapatkan kucuran dana PUAP sebesar Rp 100.000.000,-. Jumlah Anggota awal sebanyak 317 Orang yang tergabung dalam lima kelompok tani, dan jumlah anggota sekarang 706 orang yang terbagi dalam 14 kelompok tani.

“Gapoktan Ngudi Rejeki memiliki sembilan jenis kelompok usaha yakni budidaya, industri pengolahan hasil, jasa dan home industri dan perdagangan,” kata Mukodam (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.