Perubahan Mindset Mutlak Diperlukan dalam e-Learning

Ditulis 22 Sep 2010 - 14:53 oleh Banyumas1


PURBALINGGA – Penggunaan teknologi kini sudah menjadi kebutuhan, bukan lagi kewajiban atau apalagi gagah-gagahan. Karenanya, para pendidik harus berusaha meningkatkan kemampuan dibidang Teknologi Informasi sebagai media dalam proses belajar mengajar dengan siswa.

“Perubahan mindset (cara berpikir) mutlak diperlukan dalam e-learning (pembelajaran digital),” tutur Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Henny Ruslanto SE, saat membuka Pelatihan Pemanfaatan server dengan Sistem Aplikasi e-library (perpustakaan digital) SD Purbalingga Lor 2 yang berlangsung Selasa hingga Rabu (21-22/9).

Kursus dipandu oleh tim dari Maxima Purbalingga. Materi kursus meliputi teknik mencari informasi dan bahan pelajaran di internet. Metode mengunduh (download) seluruh isi website sehingga dapat dilakukan pembelajaran secara online, capture video dari website youtube, maupun menangkap video dari siaran televisi, VCD sehingga bias diunggah ke dalam server. Juga membuat e-book (buku electronik),  dan mengorganisasi materi ajar, bank soal, penugasan kepada siswa secara digital kepada anak didik.

“Kedepan, kami berencana meluaskan jaringan laboratorium TIK ke setiap kelas, sehingga tiap guru bisa mengajar berbahan ICT di masing-masing kelas, dan murid bisa berinteraksi di kelas melalui jaringan intranet yang akan kita bangun”, tutur Sasno, Kepala SD Purbalingga Lor 2.

Kelak, Sasno juga akan mewajibkan siswanya memiliki flashdisc untuk mendapatkan bahan ajar baik berupa e-book seperti yang diberikan Kemdiknas serta materi multimedia lainya. Data-data itu bisa diunduh dari computer yang disiapkan secara online di luar kelas.

“Bila sudah siap nanti, orangtua siswa bisa mengunduh semua informasi tentang pendidikan, prestasi sekolah, nilai anak, catalog e-book, bahan ajar video interaktif dengan gratis melalui jaringan hotspot intranet sekolah”, tambah Sasno.

Pengelolaan data pada server itu menggunakan aplikasi yang dibangun sendiri. Struktur database dalam e-library telah disesuaikan  dengan syarat-syarat penginformasian dokumen pendukung dan manajemen pengelolaan dokumen dan informasi serta bahan ajar dalam RSBI. Sistem yang dibangun pihak SD Purbalingga Lor 2 bersama praktisi IT Pemerintah, Eri Rusdi Wibowo MA, dengan brand e-library.  (BNC/erw/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response