Komunitas Perantau Gelar Tangkap Bebek di Waduk Penjalin

Ditulis 16 Sep 2010 - 23:18 oleh Banyumas1

TANGKAP BEBEK: Salah seorang peserta tunjukan hasil tangkapannya (nan/BNC)

TANGKAP BEBEK: Salah seorang peserta tunjukan hasil tangkapannya (nan/BNC)

JUARA: Sang juara tangkap bebek di Waduk Penjalin Paguyangan (foto:nan/BNC)

JUARA: Sang juara tangkap bebek di Waduk Penjalin Paguyangan (foto:nan/BNC)

SEBELUM meninggalkan kampung halaman menuju Kota Jakarta, sejumlah perantau asal Dsa Winguaji Kecamatan Paguyangan, Bbrebes Kamis (16/09) siang menyelenggarakan lomba tangkap bebek dan balapan jukung. Lomba yang diselenggarakan di obyek wisata waduk penjalin di perbatasan Banyumas Brebes ini menjadi tontonan meanarik ratusan wisatawan.

Para pengunjung obyek wisata Waduk Penjalin ini benar benar terhibur menyaksikan lomba tangkap bebek dan balap jukung.Lomba yang diselenggarakan oleh para perantau asal Desa Winduaji dan sudah lama bekerja di Jakarta ini menjadi salah satu tontonan menarik.

Adegan saat peserta lomba mengejar dan menangkap itik merupakan yang ditunggu tunggu ratusan penonton baik yang berjejer di tepi waduk maupun yang menggunakan perahu. Selama satu jam lebih mereka disuguhi acara yang murah meriah tersebut.

Sementara tak kalah meriah juga saat berlangsung lomba balap jukung atau perahu kecil.Lomba balap jukung yang biasa digunakan mengangkut warga setempat itu merupakan peristiwa langka bagi waega di wilayah ini.

Bagi mereka yang menang balap jukung mendapatkan hadiah berupa seekor kambing dan ayam jago. Sementara pemenang tangkap itik, membawa hadiah dari hasil tangkapan mereka.

Nurul Imani, salah seorang panitia menuturkan, setiap tahun para perantau yang tergabung dalam banyu patuguran selalu rutin menyelenggarakan kegiatan di Waduk Penjalin.

Kegiatan yang dilakukan atas biaya patungan para perantau ini dilakukan karena selama ini pemerintah Kabupaten Brebes tidak pernah tanggap terhadap upaya pengembangan obyek wisata di Waduk Penjalin. Dengan menciptakan kegiatan yang unik setiap lebaran, diharapkan mampu menarik wisatawan lebih banyak.(PUH Leksana/ BanyumasNews.Com)

Tentang Penulis

Leave A Response