Sidak ke Pasar, Gubernur Jateng Bagi-bagi Uang

Ditulis 08 Sep 2010 - 14:59 oleh Banyumas1

gubernur sidakSEMARANG – Gubernur Jateng Bibit Waluyo didampingi sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov Jateng melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Bandarjo dan Pasar Babadan Ungaran, Selasa (7/9). Kegiatan itu dimaksudkan untuk memantau ketersediaan dan harga-harga sembako di pasaran menjelang datangnya Lebaran.

“Pada H-3 Lebaran ini, harga sembako relatif stabil. Dari pantauan di Pasar Bandarjo dan Pasar Babadan, tidak terjadi lonjakan harga yang terlalu signifikan. Kenaikannya sangat sedikit sekali, bahkan ada yang harganya turun,’’ kata Bibit di Pasar Babadan, Selasa (7/9).

Menurut Bibit, stabilnya harga sembako menjelang Lebaran tersebut membuktikan kesiapan stok sembako cukup. Kondisi itu juga menunjukkan adanya pertumbuhan  ekonomi yang positif di Jawa Tengah. “Kalau tahun lalu, pada H-14 lebaran harga-harga kebutuhan pokok masyarakat sudah cenderung naik. Bahkan kita sempat mengadakan operasi pasar,”  kata Gubernur.

Diakui Gubernur, harga beberapa jenis barang kebutuhan pokok seperti daging ada sedikit kenaikan. Untuk daging ayam harganya Rp 25 ribu/kg. “Tapi kenaikannya masih batas wajar. Karena mau lebaran yo wis rapopo,’’ tukasnya.

Dalam sidak tersebut, gubernur tidak hanya sekedar berdialog dengan pedagang pasar untuk menanyakan harga-harga.  Sejumlah pedagang ada yang ketiban rejeki, karena gubernur membeli barang dagangannya. Tidak hanya itu, gubernur secara spontan juga sempat bagi-bagi uang.

Adanya bagi-bagi duit tersebut mengundang perhatian beberapa pengunjung pasar yang akhirnya mengerubuti gubernur.  Terbukti, ketika gubernur hendak meninggalkan pasar sempat diserbu warga. Tak mau terjadi ricuh, gubernur memilih untuk masuk ke dalam mobil dan meninggalkan pasar. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response