Rizqi Brother’s, Setia di Jalur Akustik Jazz

Inilah personil Rizqi Brother's,kakak beradik yang setia di jalur akustik jazz. Mereka terdiri Iki  (20), Ufa (14) dan Upit  (12).
Inilah personil Rizqi Brother's,kakak beradik yang setia di jalur akustik jazz. Mereka terdiri Iki (20), Ufa (14) dan Upit (12).

PURWOKERTO–Sekelompok pemusik jazz muda yang tergabung dalam Rizki Brother’s kini hadir di Kota Purwokerto. Tiga pemusik yang masih kakak beradik ini, terdiri Rizqi Khaitsul Ma’aruf yang biasa dipanggil Iki, Rizqi Mufadol Mahfudz (Ufa), dan Rizqi Khairul Mufied (Upit).Mereka putra pasangan  Suwito-Maria Sagitarini.

Belakangan, Rizki Brother’s mulai malang melintang dari satu panggung musik ke panggung musik lainnya, dan juga dari satu cafe ke cafe lainnya, khususnya di Kota Purwokerto.Publik pun mulai bisa menerima kehadiran group musik dengan warna baru itu.

“Kami sengaja mengusung aliran musik akustik jazz, karena musiknya simpel dan elegan. Lagi pula, jarang anak muda yang menyenangi akustik jazz, sehingga kami merasa tertantang untuk bisa eksis,” ujar Iki, pimpinan Rizki Brother’s dalam perbincangan dengan www.banyumasnews.com di rumahnya yang sekaligus tempat berlatih di Rt 2 Rw 3 Purwosari, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Selasa (7/9).

Iki yang kini masih tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Fisipol UGM Yogyakarta ini menuturkan, Rizki Brother’s berdiri awal tahun 2009,bermula dari iseng senang main musik bareng.

“Kebetulan kami sekeluarga senang main musik. Ayah saya yang bekerja sebagai PNS di Setda Banyumas  senang main orgen, dan ibu juga sangat mendukung, akhirnya saya  bersama  dua adik saya, Ufa dan Upit berinisiatif membentuk group musik dengan nama Rizki Brother’s,” ujar Iki yang punya obsesi Rizqi Brother’s bisa masuk dapur rekaman ini.

Dalam setiap penampilan di panggung musik maupun di cafe-cafe, Iki memainkan alat musik keyboard,  pianika dan piano, Ufa yang kini masih tercatat sebagai siswa Klas 8 SMPN 9 Purwokerto memainkan gitar, dan Upit yang masih duduk di Klas 6 SD Purwosari 1 Kecamatan Baturraden Banyumas memainkan perkusi.

Permainan instrumental dari ketiga pemusik muda itu, sering mengundang decak kagum penonton.Termasuk Bupati Banyumas, Mardjoko, yang beberapa kali menyaksikan pementasan group musik itu, sangat kagum .
Iki menceritakan awal mulanya merintis group Rizki Brother’s. Yakni pada setiap malam minggu, bersama dua adiknya, Ufa dan Upit diajak ngamen di Alun-alun Purwokerto.

Mereka meminjam mobil ayahnya, untuk mengusung  alat-alat musik, lalu ditata di tengah alun-alun. Semula, yang menonton sedikit, karena penonton masih asing dengan akustik jazz yang mereka  bawakan. Namun, akunya, lama-lama banyak juga penonton yang tertarik. Biasanya, mereka tampil membawakan lagu-lagu oldiest song, yang kadang diselingi juga slow rock.

“Irama musiknya  kami aransemen sendiri. Sudah seratus lebih lagu-lagu barat lama maupun Indonesia yang kami aransemen sendiri, dan agaknya berkenan di hati penonton saat kami tampilkan,” imbuh Iki, pengagum komposer musik Dwiky Darmawan ini.

Kini, Rizki Brother’s  selain terkadang masih masih tampil di Alun-alun Purwokerto pada malam minggu, belakangan juga sering  diundang untuk mengisi di sejumlah cafe di Purwokerto, seperti Cafe “Kemangi” Pabuaran dan cafe-cafe di Baturraden. Juga sering diundang untuk mengisi acara -acara tertentu di Purwokerto.

Bahkan, belum lama ini mendapat tawaran untuk rutin mengisi di sebuah cafe di daerah Condongcatur, Jogja, namun masih dipertimbangkan.
Untuk tawaran di sebuah cafe di Condongcatur itu, Iki dan dua diknya masih kami mempertimbangkan. Pasalnya, mereka  masih berstatus  pelajar dan mahasiswa, bagaimanapun sekolah dan kuliah tetap diutamakan. “Lagi pula, adik-adik kami kan tinggal di Purwokerto, sehingga repot kalau harus bolak-balik Jogja-Purwokerto. Bagaimanapun, sekolah dan kuliah
harus kami utamakan,”  ujar Iki  yang pernah dinobatkan tiga tahun berturut-turut sebagai the best keyboard dalam festival band pelajar se wilayah Eks Karsidenan Banyumas ini.

Bagi yang ingin mengetahui  lebih jauh tentang kiprah Rizki Brother’s, bisa kontak lewat HP Iki di nomer 081542996994 atau E-mail di kiki_board@yahoo.com. (BNC/tgr)

2 Comments

  1. Mantap……!selamat untuk Rizqi Brother’s….semoga semakin berkibar di jalur akustik jazz…..kalau kami akan nanggap, berapa tarifnya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.