PGRI Jateng akan Dirikan Bank Guru

Ditulis 07 Sep 2010 - 17:23 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Pengurus Daerah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jateng berencana akan mendirikan Bank Guru. Bank yang berbentuk bank perkreditan rakyat ini akan siap diluncurkan bertepatan pada Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-65 tanggal 25 Nopember 2010 mendatang. Kepemilikan saham Bank Guru itu hanya bisa dinikmati guru, dosen, dan tenaga pendidik lainnya.

Ketua PD PGRI Jateng Drs H Subagyo Brotosejati disela-sela launching ‘Dewi Shinta Room’ Hotel Kencana Purbalingga, Selasa (7/9) siang mengatakan, dengan jumlah anggota PGRI se-Jateng sekitar 255 ribu orang, Bank Guru diyakini akan mampu eksis berdiri untuk kesejahteraan masyarakat khususnya kaum guru. “Pendirian Bank Guru itu untuk mendukung peningkatan kesejahteraan guru dan memudahkan guru dalam mendapatkan pinjaman dana,” kata Subagyo.

Dikatakan Subagyo, Bank Guru nantinya merupakan salah satu unit usaha di bawah PGRI Pusat, pengurusan dan pengembangan Bank Guru ini dilakukan oleh tenaga-tenaga profesional serta mengikuti ketentuan yang ditetapkan Bank Indonesia.

“Pendirian bank Guru ini salah satunya dimaksudkan agar para guru tidak mengalami kendala dalam mendapatkan dana. Jika guru hendak membeli laptop atau kuliah, misalnya, mereka bisa menikmati pinjaman dari Bank Guru. Bank ini didedikasikan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan dan profesionalisme serta perlindungan guru,” kata Subagyo.

Dijelaskan Subagyo, saham Bank Guru dapat dimiliki guru, dosen, dan tenaga pendidik lainnya. Nilai satu lembar saham Rp 100.000.  Sementara modal minimal untuk mendirikan bank Guru di tingkat Provinsi sebesar Rp 2 milyar. “Bank Guru ini selain akan didirikan di Jateng, juga di lima provinsi lain yakni Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan DKI Jakarta,” kata Subagyo. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Nurdin Kurniawan 07/11/2010 pukul 19:38 -

    Terobosan bagus untuk membantu para guru agar terangkat kehidupan ekonominya. Kalau guru yang pinjam hrs dibedakan tingkat suku bunganya biar kesan membantunya terlihat tdk seperti bangk sekarang yang mencekik!

  2. degel 13/09/2010 pukul 07:47 -

    Proyek besar …semoga sucses…..

Leave A Response