Kenaikan Harga Sembako Masih Wajar, Owabong Siap Hadapi Pengunjung

Ditulis 07 Sep 2010 - 16:52 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Empat hari menjelang Idul Fitri 1431 Hijriyah, kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok dinilai masih wajar. Kenaikan masih berkisar antara Rp 1.000 – Rp 2.000,-. Kenaikan harga yang mencolok hanya pada komoditas cabe merah.

“Kenaikan harga kebutuhan pokok, saya kira masih wajar. Kemungkinan harga yang relatif tidak melambung karena tidak banyak masyarakat yang membeli kebutuhan lebaran di pasar-pasar,” kata Wabup Purbalingga Drs Sukento Ridho Marhaendrianto, MM, disela-sela melakukan pemantauan ketersediaan sembako di pasar Bukateja, pasar Segamas, dan pasar Bobotsari, Senin (6/9). Selain berkunjung ke pasar, wabup Sukento juga mengunjungi kesiapan obyek wisata air Bojongsari dalam menyambut kedatangan pengunjung.

Wabup Sukento mencontohkan sejumlah harga di pasaran, misalnya telur ayam ras yang semula Rp 12.500 per kilonya, harganya naik Rp 1.000,-. Kemudian daging ayam, kenaikan harga berkisar Rp 2.000,- yang kini menjadi Rp 25.000 per kilogramnya. Harga daging sapi mencapai Rp 65.000,- yang semula di kisaran Rp 60.000,-. “Kenaikan yang cukup mencolok pada komoditas cabe merah, yang semula Rp 16.000,- naik menjadi Rp 23.000,_. Kata Sukento.

Ketika berkunjung ke sejumlah pasar tersebut, Sukento berharap para pedagang bisa laris berjualan sehingga bisa menikmati lebaran. “Mudah-mudahan dagangannya laris semua,” kata Sukento kepada sejumlah pedagang yang ditemuinya.

Sementara itu saat berkunjung ke Owabong, Sukento melakukan pengecekan terhadap sejumlah fasilitas. Sejumlah obyek dan peralatan diamati satu persatu. Begitu pula dengan keselamatan untuk para pengunung. Saat melihat arena flying fox, Sukento juga meminta pengelola Owabong untuk memperhatikan keselamatan penggunanya. Pihak Owabong sendiri telah mengganti tali flying fox dengan tali baru.

Begitu pula dengan sarana pendukung lainnya seperti posko kesehatan dan posko keamanan. Sukento meminta agar memberikan pelayanan yang baik kepada pengunjung yang akan berlibur di Owabong. Sukento juga sempat mengecek kebersihan Wdan kamar mandi. “Pengunjung Owabong harus dilayani sebaik-baiknya. Karena merekalah yang menghidupi Owabong,” kata Sukento.

Di tempat terpisah, Bupati Drs H Heru Sudjatmoko, M.Si juga melakukan pemantauan kesiapan infrastruktur jalan dalam menghadapi para pemudik. Bupati Heru meninjau posko Jompo Kalimanah, posko terminal bus Purbalingga, dan posko Bobotsari. (py)

Tentang Penulis

Leave A Response