Serulingmas Gulirkan Zakat 20 Juta

Ditulis 04 Sep 2010 - 12:13 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Perkumpulan masyarakat se-eks Karesidenan Banyumas di Jakarta, Yayasan Serulingmas, menyerahkan zakat untuk masyarakat miskin di Purbalingga.

Zakat senilai Rp. 20 juta ini diserahkan secara simbolis dari salah seorang
pengurus Yayasan Serulingmas Sumbono kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Purbalingga Kodadiyanto di Ruang Rapat Bupati, Sabtu (4/9).

Rencananya, zakat yang merupakan gabungan zakat fitrah, zakat mal dan infak ini,
akan dibagikan kepada lima kecamatan di Kabupaten Purbalingga masing-masing senilai Rp 5 juta. Kelima kecamatan itu antara lain Bobotsari, Karangjambu, Pengadegan, Kalimanah, dan Padamara.

“Ini adalah kegiatan rutin Yayasan Serulingmas, setiap akhir Ramadhan selalu memberikan bantuan kepada masyarakat miskin di eks-Karesidenan Banyumas. Karenanya, tahun ini kami salurkan zakat ini ke kecamatan yang berbeda dengan tahun lalu agar ada pemerataan,” jelas Kodadiyanto saat memberikan sambutan ketika menerima rombongan Serulingmas ini.

Mudik Gratis
Sumbono yang juga pengurus Paguyuban Jawa Tengah di Jakarta mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan memberangkatkan pemudik asal Jawa Tengah di Jakarta sebanyak 145 bus. Untuk masyarakat Purbalingga sendiri disediakan 2 bus.

“Kegiatan ini juga rutin kami lakukan sebagai bentuk solidaritas bagi
saudara-saudara sedaerah kita yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman,” ujar lelaki asal Purbalingga yang telah tinggal di Jakarta sejak 40 tahun silam.

Menurut Koda, untuk menyaksikan pemberangkatan Mudik Bareng Paguyuban Jawa Tengah ini, Pemkab Purbalingga mewakilkan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika. Semula Bupati ingin secara pribadi menyaksikannya, namun karena kesibukan beliau dengan berbagai kegiatan keagamaan dan sosial menjelang lebaran, rencana itupun urung dilakukan. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response