Bupati Lantik 214 Pejabat Eselon III dan IV

Ditulis 01 Sep 2010 - 18:02 oleh Banyumas1

“Seperti Prasmanan, Kalau Pilih Bahagia Ya Akan Merasa Bahagia”

PURBALINGGA –  Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko melantik 214 pejabat eselon III dan IV, Rabu (1/9) di Pendopo Dipokusumo Purbalingga. Sebanyak 214 pejabat itu, 120 orang diantaranya menduduki jabatan structural dan selebihnya sebagai pengawas sekolah dan kepala sekolah.

pelantikan2

Menariknya, proses menuju pelantikan kali ini berbeda dnegan tradisi sebelumnya yang serba rahasia. Para calon pejabat sudah tahu posisinya sebelum acara pelantikan, karena beberapa hari sebelumnya yang bersangkutan dimintai kesanggupannya oleh bupati secara langsung.

“Kalau dulu PNS harus siap ditempatkan dimana saja. Bagus memang, tapi terkadang jadi tidak profesional. Karena seringkali hanya mau, belum pada istilah sanggup. Karena konsteksnya sangat berbeda,” ujar Bupati Heru di depan pejabat terlantik, pimpinan SKPD dan para istri pejabat terlantik.

Menurut Bupati, sanggup tidak hanya sekedar mau tapi juga memiliki kompetensi baik itu pendidikan maupun pengalaman, juga yang tak kalah penting menyukai atau menyenangi jabatan yang diamanahkan.

”Ibarat prasmanan, kalau kita pilih bahagia ya akan merasakan bahagia. Tapi kalau pilih menderita, setelah menduduki jabatan baru bisa jadi menderita. Maka saran saya, pilih bahagia saja,” imbuhnya.

Meskipun telah menanyakan kesanggupannya, Bupati mengakui masih ada kemungkinan pejabat yang tidak puas dengan jabatan yang baru saja diperolehnya. Untuk itu, Bupati meminta maaf kepada pejabat tersebut dan tetap meminta yang bersangkutan untuk bekerja sebaik-baiknya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengembangan Pegawai dan Diklat Badan Kepegawaian Daerah Purbalingga Edi Suryono, S.Sos, sebanyak 120 pejabat struktural terdiri dari 72 orang promosi ke eselon yang lebih tinggi dan 48 orang mutasi/ geser ke jabatan lain dnegan eselon yang sama. Sementara untuk Pengawas dan Kepala Sekolah sebanyak 94 orang, 43 diantaranya promosi dan 51 diantaranya mutasi. (cie)

Tentang Penulis

Leave A Response