Kelompok Tani Karangturi Mrebet Wakili Jateng di Tingkat Nasional

PURBALINGGA – Kelompok Tani “Sri Mumpangati” Desa Karangturi Kecamatan Mrebet mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Kelompok Tani Tingkat Nasional untuk Kategori Tanaman Padi. Sebelumnya, kelompok tani yang diketuai Matori ini berhasil menduduki Juara 1 Lomba Kelompok Tani Tingkat Provinsi Jawa Tengah menyisihkan 35 kabupaten/kota lainnya.

Menurut Ketua Tim Verifikasi Lomba Kelompok Tani Tingkat Nasional Asep, Kelompok Tani Sri Mumpangati termasuk kelompok tani yang kreatif dan terbuka terhadap kemajuan teknologi bidang pertanian.

“Dari sisi administrasi sudah baik, kualitas dan kuantitas produksi padinya juga baik, meskipun cuaca sedang tidak menentu. Kami melihat ini tak lepas dari sifat kelompok tani ini yang kreatif dan terbuka terhadap kemajuan teknologi pertanian,” ujar Asep didampingi seorang anggota Tim Verifikasi dan tujuh orang pendamping dari Provinsi Jawa Tengah.

Asep menambahkan, pihaknya juga mengagumi kemajuan pertanian organic yang sedang dikembangkan kelompok tani dengan luas lahan 25 ha ini. Kelompok ini juga telah memiliki kios pertanian yang dikelola Koperasi Sri Mumpangati untuk memenuhi kebutuhan anggotanya, mulai dari peralatan pertanian, bibit, obat-obatan, pupuk dan sebagainya.

“Yang menarik, kelompok tani ini juga telah mengembangkan kemitraan dnegan berbagai perusahaan swasta seperti perusahaan penangkaran benih. Ternyata dari sinilah hasilnya lebih menguntungkan mereka sehingga produktivitas mereka juga terjaga,” tambahnya.

Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko saat menemui Tim Verifikasi ini mengatakan memang berharap agar kelompok tani ini bisa meraih kejuaraan di tingkat nasional. Karena kemenangan ini tentunya bisa semakin memacu dan memotivasi kelompok tani bersangkutan untuk lebih berprestasi dan menyejahterakan anggotanya.

“Tapi kalau Tim Verifikasi merasa masih ada yang jauh lebih baik dan lebih berhak memperoleh kejuaraan itu, kamipun tetap legowo menerima kekalahan. Karena Kemenangan bukan tujuan utama. Yang terpenting justru bagaimana petani yang tergabung dalam kelompok tani itu semakin sejahtera dan mandiri,” tegasnya.

Selain Purbalingga, Jawa Tengah juga mewakilkan Kabupaten Banjarnegara untuk kategori kelompok petani jagung dan Grobogan untuk kategori kelompok tani kedelai.  (BNC/cie)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.