Puasa, Pupuk Empati Sosial

Ditulis 19 Agu 2010 - 20:40 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Ada 3 hal penting yang perlu dipahami selama bulan Ramadhan yaitu menjalankan niat puasa karena Allah semata. Kedua, perbanyak membaca Al Quran disertai dengan memahami artinya, menghayati, dan mengamalkannya. Ketiga, puasa memupuk empati social. “Puasa ciptakan solidaritas umat terhadap warga miskin. Karena rasa lapar selama berpuasa mendorong kita berempati terhadap penderitaan mereka” demikian disampaikan Suhardi Ahmad, pengisi materi pengajian tarawih keliling tingkat kabupaten  di Masjid Al Ikhlas, Desa Derik, Kecamatan Susukan, Rabu (18/08).

Mending, lanjutnya, rasa lapar yang kita alami dibatasi waktunya yaitu dari sahur sampai buka. Tapi bagi warga miskin, kelaparan itu telah menjadi bagian hidup keseharian mereka. “Rasakan juga, ketika perut lapar tapi aktivitas mencari penghidupan dengan cara bekerja harus tetap dikerjakan demi melanjutkan hidup” imbuhnya.

Suhardi juga menambahkan bahwa bulan Ramadhan ini mempunyai arti sendiri dalam sejarah bangsa Indonesia. Banyak peristiwa penting menyangkut sejarah Bangsa terjadi di bulan Ramadhan. “Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada 9 Ramadhan, Jumat Manis, tanggal 17 tahun 1945” katanya.

Sementara itu, H. Didi Sumaryo, Kades Derik menyampaikan, bahwa masyarakat desa Derik baru usai merampungkan hajat membangun masjid Al Ikhlas yang menghabiskan dana sampai 300 juta. Tetapi belum mampu merampungkan seluruh desain bangunan. Sejumlah bangunan pendukung belum dapat dibangun karena kurangnya dana. “Karena itu kami mohon bantuan anggaran dari Pemkab untuk dapat mewujudkan pembangunan tempat wudlu dan kelengkapannya” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah H. Syamsudin, S. Pd., M. Pd., menyampaikan agar usulan tersebut segera dibuatkan proposal dan segera diajukan ke Bagian Pembangunan. “Kalau belum dapat keluar bantuannya, paling tidak aspirasi tersebut sudah tercatat. Sehingga dapat diprogramkan untuk rencana pembangunan tahun selanjutnya.” katanya.

Sebagai bentuk perhatian Pemkab, katanya, malam ini akan diserahkan bantuan sebesar Rp 1 juta. Secara simbolis bantuan diserahkan Syamsudin kepada Takmir Masjid, Saudara Mursali. “Silahkan uang tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mau untuk dana awal membangun tempat wudhu ya silahkan…” katanya (BNC/eko).

Tentang Penulis

Leave A Response