Bupati Jasri: Pramuka Lahirkan Kader Handal

BANJARNEGARA – Pramuka selama ini terbukti mampu menjadi ajang untuk mendidik manusia utama. Melalui beragam keterampilan yang diajarkan dan pendidikan keteladanan perilaku, pramuka mampu melahirkan kader-kader yang handal di tengah masyarakat. Empat puluh sembilan tahun adalah usia yang cukup lama bagi Pramuka untuk ikut mewarnai dunia pendidikan di Indonesia. “Waktu kecil saya juga ikut pramuka. Kelihatannya, semua siswa di Indonesia pasti mengenal pramuka. Ini jadi salah satu bukti dalamnya pengaruh pramuka” kata Bupati Drs. Ir. Djasri, MM, MT.

Hal tersebut disampaikannya di sela-sela peringatan Hari Pramuka ke 49 di halaman Sanggar Pramuka, Sokanandi, Sabtu (14/08). Saya merasakan betul, lanjutnya, peran Pramuka ikut membentuk kepribadian saya. Karena katanya, pramuka selain memberikan bekal kepemimpinan, juga melatih keberanian, kedisiplinan, bekerja sama, memupuk solidaritas social, melatih tanggung jawab dan yang paling berkesan adalah rasa persaudaraan serta kebersamaan. “Waktu kecil itu, kalau ikut pramuka, saya maunya jadi ketua regu” katanya.

Oleh karena itu, menurut Djasri, di saat orang gelisah tentang rendahnya solidaritas social masyarakat, menipisnya semangat bela Negara serta makin berkuranya pemahaman kaum muda terhada sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa, ditambah lagi beragam masalah social lain seperti nilai keutamaan kejujuran yang makin langka, perubahan etika pergaulan dimana anak muda tak lagi mementingkan rasa hormat pada orang tua, kerusuhan yang mudah meledak dan sebagainya Pramuka dapat menjadi jalan keluarnya. “Pramuka mengajarkan pendidikan karakter” katanya.

Sementara itu, Tapsirun, Sekretaris Kwarcab menjelaskan bahwa peringatan Hari Pramuka ke 49 yang jatuh tepat pada tanggal 14 Agustus atau hari ke empat bulan puasa Ramadhan mengambil tema “Satu Pramuka untuk Satu Indonesia”. Kwarcab Banjarnegara menyelenggarakan peringatan Hari Pramuka ini dengan dua rangkaian kegiatan.

Mengawali kegiatan, pada hari Jumat malam dilaksanakan Renungan Suci dan Ucap Janji yang dilaksanakan di lapangan sekolah SMP N 2 Banjarnegara. Esok harinya baru Upacara Hari Pramuka di halaman Sanggar. “Pelaksanaan kegiatan Renungan Suci dan Ulang Janji dimaksudkan untuk memperkuat dan meneguhkan kembali semangat Pramuka” katanya. (BNC/eko))

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.