Jateng Tetapkan Target Investasi Rp 80,3 Trilyun

PURBALINGGA – Gubernur Jawa Tengah H Bibit Waluyo mengatakan, pada tahun 2010 ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama 35 kabupaten/kota mentargetkan investasi tertanam sebesar Rp 80,3 trilyun.

Dari target Rp 80, 3 triliun tersebut, sebesar 55 persennya
diharapkan bisa terpenuhi dari sektor swasta dalam dan luar negeri. Sementara tabungan masyarakat diharapkan bisa menyumbang 24 persen, belanja modal pemerintah 14 persen, dan lembaga keuangan 7 persen.

“Target tersebut bisa dicapai bila ada sinergi antara pemerintah, swasta, dan
masyarakat dalam memberikan fasilitasi investasi,” kata Gubernur Jateng Bibit Waluyo pada sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Purbalingga Drs Sukento Ridho Marhaendrianto, MM pada upacara peringatan hari jadi Pemprov Jateng ke-60, Senin (16/8), di halaman Pendopo Dipokusumo Purbalingga.
Dikatakan Gubernur, untuk memenuhi target investasi tersebut, perlu
peningkatan kinerja pelayanan investasi melalui pelaksanaan One Stop Service (OSS) di seluruh kabupaten/kota perlu terus didorong. “Investasi diperlukan agar berbagai program pembangunan di Jateng dapat berjalan cepat sesuai yang kita harapkan,” katanya.

Menurut Gubernur, program “Bali Ndeso Mbangun Deso” yang
digulirkannya, saat ini telah sampai pada tahap percepatan. Dalam kurun waktu 2010-2011, ada beberapa tantangan yang harus mendapatkan perhatian bersama. Diantaranya, dalam bidang pembangunan, Jateng harus mempercepat roda perekonomian dengan meningkatkan infrastruktur, investasi, pengelolaan potensi unggulan, serta membuka lapangan kerja.

“Seluruh elemen masyarakat harus bekerja lebih keras, disiplin, dan bersinergi. Juga efisien dalam penggunaan dana yang tepat sasaran,” kata Gubernur. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.