419 Mahasiswa STAIN Purwokerto KKN di Purbalingga

Ditulis 14 Jul 2010 - 20:04 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Sebanyak 419 mahasiswa STAIN Purwokerto mengikuti Kuliah Kerja Nyata Participatory Action Research (KKN – PAR) di Kabupaten Purbalingga. Kegiatan yang dilaksanakan di lima kecamatan ini berlangsung selama sebulan penuh mulai 14 Juli hingga 14 Agustus 2010.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Purbalingga Drs. Heru Sudjatmoko, M.Si menyambut baik kehadiran para calon sarjana agama itu. Wabup mengatakan, pernah punya pengalaman unik dengan mahasiswa KKN dari STAIN Purwokerto tiga tahun lalu yang membawa warga Desa Kemangkon Kecamatan Kemangkon silaturahim ke rumah dinasnya.

”Warga yang dibawa ini adalah warga yang buta aksara dan sudah diajar menulis dan membaca oleh mahasiswa STAIN. Mereka diajak pesiar ke kota dan silaturahim ke tempat saya dan disini saya uji mereka untuk menulis dan membaca. Hasilnya sangat memuaskan. Saya berharap, mahasiswa STAIN yang KKKN kali ini juga membawa perubahan yang baik ke Purbalingga,” ujarnya.

Wabup mengatakan secara umum dalam sepuluh tahun terakhir di bawah kepemimpinan Bupati Triyono Budi Sasongko, Purbalingga mengalami peningkatan yang signifikan. Salah satu contohnya turunnya angka kemiskinan yang semula 47% di tahun 2005, tahun 2010 ini turun menjadi 29%. Meski demikian, masih banyak pekerjaan rumah yang belum tertuntaskan dalam upaya menyejahterakan masyarakat, seperti masalah
demografi dan pendidikan.

”Terutama di pedesaan, masih banyak orang miskin tapi memiliki banyak anak. Kalau jumlah anak banyak tapi tidka berkualitas kan hanya akan menambah beban. Inilah pekerjaan rumah kita yang cukup berat. Saya berharap, para mahasiswa yang KKN ini bisa mengajak masyarakat untuk mendukung program KB. Karena latar belakang pendidikan semua dari agama, ya pendekatannya secara spiritual,” pintanya.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Purbalingga Ir. Setiyadi, M.Si dalam laporannya
menerangkan para mahasiswa STAIN Purwokerto peserta KKN-PAR telah diberi pembekalan terlebih dahulu oleh BAPPEDA tentang potensi dan permasalahan wilayah lokasi KKN. Lokasi KKN-PAR STAIN Purwokerto di Kabupaten Purbalingga mencakup seluruh desa yang ada di Kecamatan Mrebet, Bobotsari, Karanganyar, Kertanegara dan Kecamatan Karangreja. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response