Percepatan Kelistrikan 10.000 MW, PLTP Dieng akan Bor Dua Sumur Baru

Ditulis 07 Jul 2010 - 19:31 oleh Banyumas1

pipa panas bumi diengBanjarnegara – PT Geo Dipa Energi pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng berencana akan mengebor dua sumur baru sebagai bagian dari percepatan pembangunan kelistrikan 10.000 Mega Watt pada tahun 2010. Dua sumur tersebut nantinya akan dioperasikan dengan dua unit pembangkit baru masing-masing berkekuatan 1 x 55 MW dan 1 x 60 MW.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Banjarnegara (Jateng), Soeharno di dampingi Kasi Geologi dan Migas, Idrus Amanulloh mengatakan, berdasar Peraturan Menteri ESDM nomor 2 tahun 2010 tentang Proyek-proyek Pengembangan Listrik Energi Terbarukan, salah satu itemnya memasukan PLTP Dieng dalam daftar pengembangan
pembangkit listrik. Masing-masing besarnya 1 x 55 Megawatt dan 1 x 60 Megawatt. Proyek ini ditarget tahun 2014 sudah bisa beroperasi.

“Kami belum tahu apakah proyek nantinya ditangani oleh PT Geo Dipa Energi ataupun perusahaan lain. Namun yang jelas tetap harus ada kontribusi bagi daerah sebagaimana yang diatur dalam undang-undang pertambangan yang baru.,” kata Suharno.

Dikatakan Suharno, Pemkab banjarnegara juga tengah menyusun Rancangan Peraturan daerah (Raperda) yang mengatur hak dan kewajiban pengusaha, pemerintah daerah, perlindungan terhadap masyarakat di sekitar area pembangkit listrik.

“Jika mengacu pada undang-undang pertambangan yang baru, perijinan eksplorasi dan eksploitasi harus mendapat ijin dari Bupati jika aktivitas eksploitasi masih dalam satu wilayah kabupaten. Dan ijin dari gubernur jika eksploitasi dilakukan melibatkan dua kabupaten atau lebih,” kata Suharno.

Idrus menambahkan selain di Dieng Banjarnegara juga memiliki potensi serupa di wilayah Kalibening dan Wanayasa. Khusus untuk Wanayasa potensi panas bumi diwilayah itu diperkirakan mampu menggerakan turbin listrik berkapasitas 100 Megawatt. Sedang untuk wilayah Kalibening belum ada eksplorasi, hanya berdasarkaan terkaan dari munculnya tanda-tanda potensi panas bumi. Seperti munculnya sumber air panas, gas dan sebagainya. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response