Dinas Pendidikan Purbalingga Evaluasi Guru Sertifikasi

PURBALINGGA  – Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga berencana mengevaluasi keberadaan dan eksistensi guru Sertifikasi (guru yang telah bersertifikat). Evaluasi itu menyangkut kinerja guru tersebut.

“Evaluasi ini diperlukan agar para guru yang sudah menerima tunjangan sertifikasi tidak hanya enak-enakan dalam mengajar. Bahkan sering membolos dan tindakan menyalahi aturan yang lain,” kata Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga, Heny Ruslanto SE.

Teknis evaluasi, lanjut Henny, kepala sekolah akan mengawasi dan memeriksa para guru bersertifikat di sekolah masing-masing. Bila guru yang bersangkutan melakukan tindakan indisipliner seperti membolos atau selingkuh dan tindakan tercela lainnya, kepala sekolah yang harus bertanggungjawab. Kepala sekolah juga akan diawasi kinerjanya oleh pengawas pendidikan dan Dinas Pendidikan.

“Kami berencana melakukan evaluasi tiga bulanan, lima bulan dan tahunan. Saat ini masih dalam kerangka yang akan menjadi instrumen evaluasi. Selain itu kesiapan masih menunggu bahan evaluasi dari Lembaga Pengkajian Mutu Pendidikan (LPMP) dari Irjen (inspektorat jenderal),” ujarnya.

Ditegaskan Heny, siapapun guru bersertifikasi yang dari hasil evaluasi terbukti jelas melakukan pelanggaran, akan diusulkan agar pembayaran tunjangan sertifikasinya ditunda. Dinas Pendidikan bisa mengusulkan penundaan itu sepanjang laporan dan bukti pelanggaran oleh guru yang bersangkutan cukup akurat.

“Semua sudah diatur dalam kriteria guru sertifikasi. Bila lepas atau sudah tak sesuai kriteria yang ada, bisa ada sanksi dan bila parah akan dihentikan atribut sertifikasinya,’ ungkapnya.

Hingga April 2010, di lingkungan Dinas Pendidikan Purbalingga terdapat 6.029 guru berstatus PNS. 1.854 diantaranya merupakan guru sertifikasi. Rinciannya, lulus sertifikasi pada 2006 sebanyak 70 orang, tahun 2007 sejumlah 594 orang dan tahun 2008 yang lulus 741 orang dan sisanya di 2009. Hingga akhir Juni 2010, tidak ada laporan terkait guru sertifikasi yang melanggar disiplin. (BNC/ost)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.