Koin Pramuka Peduli Terkumpul Rp 24 Juta

Ditulis 04 Jul 2010 - 20:53 oleh Banyumas1

Banjarnegara – Gerakan koin Pramuka Peduli yang digagas oleh Kwartir Cabang Pramuka Banjarnegara sejak bulan Februali lalu hingga akhir bulan Juni berhasil mengumpulkan uang sejumlah 24 juta rupiah. Jumlah tersebut diperoleh dari penggalangan dana sukarela yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah, dari jenjang SD, SMP, SMA/MA/SMK baik negeri maupun swasta se-Banjarnegara.

“Dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembiayaan kegiatan kepramukaan,” ujar jelas Ketua Kwarcab Pramuka Banjaregara Syamsudin, S. Pd., M. Pd pada  upacara penutupan Raimuna Cabang (Raicab) III di Bumi Perkemahan Lapangan Desa Rakit, Sabtu (3/7).

Selain dari gerakan koin Pramuka Peduli, kegiatan pengumpulan dana kegiatan diselenggarakan juga melalui gerakan pengumpulan Koran bekas dan plastic air mineral. Prinsipnya, katanya,  memanfaatkan barang yang di rumah sudah tidak terpakai kemudian dimanfaatkan. Karena Koran bekas dan botol bekas inipun, lanjutnya, dalam jumlah besar mempunyai nilai jual yang lumayan juga. “Barangkali cara seperti ini termasuk salah satu bentuk kemandirian Pramuka dalam menggalang dana untuk membiayai kegiatan-kegiatanya” ujarnya.

Pada kegiatan Raicab itu,  kontingen SMK Negeri 1 Bawang, baik putra maupun putri dapat meraih juara umum. Mereka berhasil mengumpulkan nilai tertinggi setelah meraih nomor di tiga kejuaraan dari empat kejuaraan yang dilombakan. Yakni  juara 1  lomba Drama Dialek Banyumasan, juara II Lomba K3 Perkemahan Putra, dan juara III Lomba Lukis Tong Sampah. (BNC/Humas BNJ/prs)

Tentang Penulis

Leave A Response