Siswa MTS Berpotensi Jadi ‘Manusia Akar’

Ditulis 03 Jul 2010 - 19:40 oleh Banyumas1
iwan nyaris jadi manusia akarIwan Setiawan (14) seorang bocah warga Dukuh Karangtengah, Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung (Jateng), memiliki penyakit mirip ‘manusia akar asal Bandung, Dede, (40). Namun, kondisi Iwan dapat terdeteksi lebih cepat sehingga langsung ditangani Rumah Sakit (RS) Elisabeth Semarang. Iwan dikirim ke RS Elisabeth atas rujukan dari Pemkab Temanggung dan Wisma Kasih Bunda yang dikelola perancang busana Annie Avantie

Iwan mengaku tidak merasakan sakit pada lengan kanannya yang ditumbuhi kutil. Iwan hanya merasakan gatal-gatal. Penyakit Iwan kemudian. “Teman-teman tidak ada yang mengejek kondisi penyakit saya. Namun saya merasa malu ada benjolan-benjolan daging tumbuh berwarna merah kehitaman ini,” kata Iwan yang kelahiran 21 Juni 1996 dan masih bersekolah di MTs Rowo Seneng Temanggung.

Kepala Humas RS Elisabeth Semarang, Probowatie Tjondronegoro mengatakan, pasien Iwan ditangani oleh ahli kulit Prof Dr AG Soemantri. Jenis penyakit yang diderita Iwan belum bisa dipastikan karena menunggu hasil pemeriksaan darah untuk menentukan diagnosis. Namun sebelumnya, Iwan pernah didiagnosis menderita kanker pembuluh darah, tapi hasil tersebut merupakan pemeriksaan beberapa tahun yang lalu.

‘Tim dokter belum bisa menyimpulkan jenis penyakit yang diderita Iwan. Apakah kanker pembuluh darah ataukah menderita Human Papilloma Virus (HPV) seperti yang diderita Dede, manusia akar asal Bandung sekitar tahun 2007 silam,” katanya. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response