Empat Mantan Kapolwil Belum Miliki Job Baru

Semarang – Menyusul likuidasi kepolisian wilayah (Polwil) dan kepolisian wilayah kota besar (Polwiltabes), empat perwira mantan Kapolwil berpangkat Komisaris Besar belum memiliki job baru. Diantara keempat perwira tersebut, salah satunya, Kombes Edward Syah Pernong yang terakhir menjabat Kapolwil Semarang. Pernong belakangan namanya dikait-kaitkan dengan pemberitaan Majalah ‘Tempo’ berjudul ‘Rekening Gendut Perwira Polisi’

Selain Pernong, tiga perwira lainnya yang masih ‘menganggur’ adalah mantan Kapolwil Pekalongan, Kombes Pol Fathurrahman, mantan Kapolwil Banyumas Kombes Pol Ghufron, dan mantan Kapolwil Kedu Kombes Pol Agus Sofyan Abadi.

“Di Jateng ada enam Polwil yang dilikuidasi, namun baru dua mantan Kapolwil yang telah memiliki pos baru. Mereka adalah mantan Kapolwil Surakarta Kombes  Erry Subagyo yang kini menjabat Wakapolda Sumatera Barat, dan mantan Kapolwil Pati Kombes  Bambang Sudarisman yang mendapat pos jabatan di jajaran Intelkam Mabes Polri,” kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes  Djoko Erwanto di Semarang, Jum’at (02/07).

Dikatakan Djoko, restrukturisasi Polwil/Polwiltabes sesuai Kep Kapolri No Pol : B/15/XII/2009 tentang Likuidasi Polwil dan Polwiltabes jajaran kepolisian RI. Keberadaan Polwil dan Polwiltabes semula dibentuk mengikuti sistem atau struktur pemerintahan karesidenan. “Namun kini bentuk karesidenan sudah tidak ada lagi. Praktis keberadaan Polwil/Polwiltabes harus diubah. Tidak ada lagi padanannya dengan struktur pemerintahan yang ada,” kata Djoko Erwanto. (BNC/tgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.