Menikmati Masakan Tradisional Jawa di ‘Waroeng Joglo’

Ditulis 25 Jun 2010 - 06:14 oleh Banyumas1

Nuansa Jawa begitu kentara ketika memasuki Waroeng Joglo  nDalem Kanoman yang berada di Jalan Kanoman Nomor 3- 5 Purbalingga. Ada sebuah bangunan utama berarsitek rumah Joglo Jawa yang tampak di depan pintu gapura masuk. Di sebelah kiri tampak pula rumah joglo yang dijadikan sebagai dapur. Sementara tidak jauh dari rumah utama juga tampak beberapa gasebo kecil yang bisa dipakai untuk menikmati sajian masakan Jawa sambil bersantai.

Waroeng Joglo PurbalinggaIringan musik gending-gending Jawa yang terdengar sayup-sayup semakin menambah suasana khas sebuah kehidupan Jawa. Meski demikian, rumah makan yang berada di pusat kota ini terlihat sangat asri, bersih, nyaman dan berkelas.

Pengelola Waroeng Joglo, Anto Juan bersama istrinya Anugrah Tri Rahayu mulai membuka usaha warungnya pada Bulan April 2009. Anto mengkonsep rumah makannya dengan nuansa adat Jawa dan sekaligus menyajikan masakan dan minuman tradisional Jawa.

Kelezatan masakan khas rumah makan Joglo sudah teruji. Anda boleh mencoba menu sop buntut Jawa, gurame bakar dada peksi, ayam klewer lada hitam, ayam penyet, dan masih banyak menu lainnya. Untuk minuman, ada yang spesial di rumah makan ini. Jus Tom and Jerry. Jus ini berbahan tomat dan jeruk yang dicampur dan dibuat jus. Minuman lainnya yang disuguhkan, seperti kopi bakar gula merah, Purwaceng, teh poci gula batu, kopi kencur, kopi jahe, kopi kayu manis, dan berbagai minuman segar atau minuman penghangat tubuh.

Soal harga, menurut Anto tak beda jauh dengan rumah makan lainnya. Yang jelas harga disesuaikan dengan isi kantong warga Purbalingga. ”Silahkan coba datang ke tempat kami, pasti tidak akan kecewa,” tutur Anto berpromosi.

Anto menambahkan, fasilitas yang semakin memanjakan pengunjung juga dapat dinikmati disini, seperti layanan hot spot. Bagi kantoran atau lembaga yang ingin mengadakan pertemuan di Warung Joglo juga tak perlu bingung. Ruangan utama mampu menampung pengunjung 50 orang. Ada juga dua buah gasebo kecil yang bisa memuat 10 orang dan enam orang. (BNC/tgr)

Waroeng Joglo Purbalingga

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. peranakan 11/12/2010 pukul 11:00 -

    pingin sekali ke sana tapi kok nggak ada alamat tepatnya ?

  2. ipunk 20/09/2010 pukul 23:00 -

    kayane uenak tenan kang, kapan kapan tek jajal bareng karo dulur dulur kabeh

  3. Banyumas1 02/08/2010 pukul 14:08 -

    Ada juga RM Green Land, nyaman dan luas. Sekaligus banyumasnews.com bisa meliput kegiatan tersebut lengkap dengan foto fotonya. Lebih lengkap silahkan hubungi 081391159666

  4. isti 01/08/2010 pukul 07:29 -

    Ass.Saya adalah warga Klampok. Renc Kami dari SMA Purworejo Klampok akan mengadakan Reuni Hari ke Tiga Setelah Lebaran. Tepatnya Hari Minggu Tgl 12 September 2010. Acara mulai jam 12.00.Yang akan sy tanyakan,apakah Rumah Makan Joglo sudah buka & bisa melayani Kita.? Tksb atas infonya.

  5. medi 27/07/2010 pukul 09:31 -

    sepertinya enack bener nich, kepengin nyicipi….. tapi kapan ya bisa kesana…..

  6. MasKarso 05/07/2010 pukul 14:02 -

    Sebuah jenis usaha yang patut dihargai, kapan-kapan pingin mampir ah……

Leave A Response