Teroris Yuli Harsono, Bekas Disersi TNI

Ditulis 25 Jun 2010 - 05:35 oleh Banyumas1

Purworejo – Teroris Yuli Harsono (33) yang tewas dalam penggerebekan Tim Densus 88 di Dukuh Cungkrungan, Desa Blang Wetan, Klaten Utara, Klaten (Jateng), Rabu (23/6) petang, ternyata seorang disersi anggota TNI di Bandung. Setelah disersi, Yuli memilih menjadi pedagang pakaian dan sandal keliling. Sementara istri Yuli, Siti Istinganah (34) yang bekerja sebagai bidan desa di Puskesmas Pembantu (Pustu) Kledung Karangdalem Kecamatan Banyuurip, Purworejo, belum yakin jika suaminya telah tewas.

Siti tidak bersedia dimintai konfirmasinya oleh wartawan. Kantor Pustu Kledung yang biasanya sudah mulai buka pukul 08.00 WIB, selama Kamis (24/6) tutup total. Pasien yang datang tidak bisa terlayani. Di pintu masuk pustu ditempeli tulisan ‘TUTUP’ dan dibawahnya ada trulisan ‘Petugas’.

Dari balik tembok ruangan puskesmas, Siti hanya mengatakan, suaminya belum tewas. “Belum ada kepastian. Nanti kalau sudah ada kepastian saja,” ujarnya.

Salah seorang tetangga Siti, Damarmi (73), mengatakan, Yuli Harsono tinggal bersama Siti tinggal dan dua anaknya di rumah dinas Puskesmas Pembantu Kledung Karangdalem RT 02 RW 03 Banyuurip, Purworejo sejak tahun 1997. Yuli Harsono sendiri berasal dari Desa Soka, Pejagoan, Kebumen. Sedang Siti berasal dari Muntilan Magelang.

“Yuli orangnya baik, tapi tidak pernah kumpul dengan tetangga. Orangnya juga tertutup,” ujar Damarmi.

Warga Tolak Pemakaman Yuli

Sementara itu, warga Kelurahan Kledung Karangdalem, menolak jika jenazah Yuli nantinya dimakamkan di Kledung. Penolakan itu karena Yuli Harsono diduga sebagai pelaku teroris. Apalagi tersiar kabar yang dilansir sejumlah media jika Yuli Harsono diduga sebagai pelaku penambakan dua polisi hingga tewas di Purworejo pertengahan April 2010 lalu.

“Meski Yuli Harsono tercatat sebagai warga Kledung Karangdalem, namun warga di Kledung sebagian besar menolak jenazah Yuli untuk dimakamkan di pemakaman desa. Alasannya karena dia diduga terlibat sebagai pelaku teroris,” kata ketua RT 02/III Kelurahan Kledung Karangdalem, Suprapto, Kamis (24/6). (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response