Investor Lirik Penambangan Pasir Besi di Kebumen

Ditulis 23 Jun 2010 - 20:06 oleh Banyumas1

Kebumen – Investor PT Mitra Niagatama Cemerlang (MNC) Jakarta akan menanamkan investasi senilai Rp 27 milyar untuk mengeksploitasi penambangan pasir besi di Kecamatan Mirit Kebumen (Jateng). Luas lahan yang akan diekploitasi sekitar 984,79  hektar yang tersebar di enam desa yakni Wiromartan, Mirit Petikusan, Lembupurwo, Mirit, Tlogopargoto dan Desa Tlogo Depok.

Umur tambang eksploitasi sekitar 20 tahun. Pada tahap awal rencana produksi ditarget 30.000 metrik ton per bulan, dan secara bertahap ditingkatkan menjadi 60.000 metrik ton per bulan atau 720.000 metrik ton per tahun.

Kepala Bidang ESDM Kabupaten Kebumen Ir Masagus Herunoto MSi, mengatakan, rencana pembuatan penambangan tersebut masih belum final. “Kami masih harus melakukan kajian disemua aspek, yang meliputi aspek tehnis mau pun aspek sosial,” kata Masagus,  Selasa (22/06).

Dikatakan Masagus, dari aspek teknis, diketahui kawasan pantai Mirit mempunyai potensi pasir besi yang tinggi. Namun begitu, sesuai prosedur, keberadaan pasir besi di Kecamatan Mirit baru akan masuk tahapan Analisis Mengenai Dampak lingkungan (AMDAL), yang akan digelar Kamis (24/06). Semua pihak yang terkait (stake holder) akan diikutsertakan.

“Hasil AMDAl akan menentukan segi positif dan negatif dari adanya penambangan pasir besit. Dari tahap itu (AMDAl) akan diperoleh rekomendasi mengenai layak tidaknya eksploitasi (penambangan) pasir besi di kawasan pantai Mirit,”  katanya. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response