Densus 88 Tangkap Teroris Abdulah Sonata

Ditulis 23 Jun 2010 - 20:04 oleh Banyumas1

terorisKlaten – Buronan teroris Abdulah Sonata, pimpinan tertinggi dalam kelompok teroris yang berlatih militer di pegunungan wilayah Jalin, Jantho, Aceh Besar, ditangkap Tim Densus 88 di Klaten (Jateng), Rabu (23/06). Penangkapan terhadap Abdulah Sonata sempat terjadi baku tembak antara Tim Densus dengan kelompok Sonata yang bersembunyi di sebuah rumah kos-kosan di Klaten Utara, Kabupaten Klaten.

Selain Abdulah Sonata, dua teroris lainnya juga ditangkap. Seorang diantaranya tewas. Belum diketahui secara pasti siapa teroris yang tewas dan yang ditangkap bersama Sonata. Polisi dari Polres Klaten bersama aparat Densus 88 masih mengamankan lokasi penggrebekan dan memasang police line. Rumah kos-kosan yang baru dihuni para teroris 1 bulan terakhir, berada sekitar 50 meter dari kantor Pengadilan Negeri Klaten.

Abdulah Sonata menjadi buron dan ditengarai oleh Mabes Polri akan melakukan penyerangan saat upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara pada 17 Agustus 2010.

Abdulah Sonata bukan pemain baru dalam dunia terorisme. Ia divonis 7 tahun pada 4 Juli 2005. Sonata kemudian dijebloskan ke LP Klas I Cipinang Jakarta Timur. Pada tahun 2006, Sonata mendapat remisi umum dua bulan dan remisi Hari Raya Idul Fitri selama satu bulan. Pada tahun 2007, Sonata mendapat remisi khusus dan Idul Fitri dengan total empat bulan.  Remisi khusus dan Idul Fitri total 5 bulan kembali diperoleh Sonata pada tahun 2008. Kemudian, Sonata bebas pada 1 Maret 2009 setelah mendapatkan pelepasan bersyarat. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response