302 Orang Ikuti UNPK Kejar Paket C

Ditulis 23 Jun 2010 - 19:59 oleh Banyumas1

Purbalingga – Dari 302 peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Kejar Paket C (setigkat SMA) IPS yang telah terdaftar, ternyata ada 23 orang yang tidak hadir tanpa alasan pada hari pertama ujian, Selasa (22/6) sore. Panitia ujian menyediakan 16 ruangan ujian yang dipusatkan di SMK Muhamadiyah I Purbalingga.

Uniknya, dari peserta itu ada seorang peserta tertua berusia 47 tahun. Sementara mata ujian untuk hari pertama meliputi PKN dan Bahasa Inggris. Total mata pelajaran (Mapel) yang diujikan 7 buah meliputi Mapel Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi, Bahasa Indonesia, Ekonomi dan Matematika.

Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Iskak, S.Pd, M.Pd disela-sela pemantauan ujian mengatakan, seluruh peserta merupakan siswa Kejar Paket C Reguler. Artinya, mereka mengikuti Kejar Paket sejak awal. Tidak ada satupun peserta pindah jalur, padahal ada sekitar 21 siswa SMA yang tidak lulus ujian nasional dan ujian ulangan beberapa waktu lalu.

“Peserta pindah jalur adalah mereka yang tidak lulus pada ujian SMA tahun 2010 ini. Mungkin mereka menghendaki mengulang kembali di kelas III. Namun jika akan mengikuti ujian Kejar Paket C, akan kami ikutkan pada periode II yang akan dilaksanakan sekitar bulan Nopember 2010 mendatang,” kata Iskak.

Dijelaskan Iskak, ujian Kejar Paket C kali ini semuanya merupakan jurusan IPS. Sementara untuk Kejar Paket C khusus kejuruan yang dimulai tahun ini di Purbalingga, tidak ada pendaftarnya. Kekosongan pendaftar Kejar Paket C khusus Kejuruan dimungkinkan karena informasi yang kurang karena baru pertama kali diselenggarakan. Sementara menyangkut soal ketidakhadiran peserta ujian Paket C IPS, Iskak menilai terbilang rendah.

“Tingkat ketidakhadiran peserta pada ujian hari pertama hanya 7,2 persen. Peserta rata-rata telah sadar untuk mengikuti ujian dan membutuhkan ijasah setaraf SMA untuk bekal hidupnya,” kata Iskak.

Iskak menambahkan, selain ujian Kejar Paket C, juga akan diselenggarakan ujian Kejar Paket B pada 29 Juni hingga 1 Juli 2010. Jumlah peserta sebanyak 678 orang dengan peserta pindah jalur sebanyak 7 orang. Ujian akan diselenggarakan  46 ruang kelas yang tersebar di seluruh kecamatan di Purbalingga.

“Untuk ujian Kejar Paket A (setingkat SD) akan diikuti 46 orang yang terbagi dalam tiga ruang kelas. Ujian Paket A akan diselenggarakan 29 Juni – 1 Juli 2010. Lokasinya hanya di Kecamatan Kutasari dan Karangjambu,” tambah Iskak. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response