Ratusan Tabung Gas di Kebumen Ilegal

Ditulis 15 Jun 2010 - 19:33 oleh Banyumas1

tabung lpg 3 kilogramKebumen – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Kebumen menemukan sedikitnya 516 tabung gas ilegal isi 3 kilogram. Tabung tersebut tidak sesuai dengan standar tabung kapasitas 3 kilogram. Ratusan tabung tersebut tersimpan di gudang penyimpan milik Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) PT Giga Intrax di Kelurahan Jatiluhur Kecamatan Karanganyar.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Disperindagkop Azzam Fathoni mengatakan, berat standar tabung gas 3 kg beserta isinya adalah 8 kg dengan batas toleransi hanya 0,5 persen. Atau jika ditimbang dalam keadaan kosong, beratnya seharusnya 5 kilogram dengan batas toleransi juga hanya 5 persen. “Tabung yang kami temukan, beratnya hanya 4,42 kilogram,” kata Azzam.

Dikatakan Azzam, berdasar keterangan manajer SPPBE PT Giga Intrax, Ariesta Putrianti, tabung-tabung gas tersebut merupakan retur dari sejumlah agen elpiji yang ada di Kebumen. Tabung gas itu kemudian teridentifikasi palsu saat proses isi ulang gas.

“Tabung gas ilegal tersebut diindikasikan diproduksi PT AB Jakarta. Hal itu terlihat dari cetakan huruf ab yang tertera di bagian atas tabung. Hanya saja, ketika pihak SPBE Giga Intrax hendak menukarkan tabung gas tersebut, pihak PT AB menolaknya,”  kata Azzam. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response