Dana DPDF Untuk Dinas Pendidikan Dipastikan Turun

Ditulis 15 Jun 2010 - 08:58 oleh Banyumas1

Purbalingga – Dana Penguatan Desentralisasi Fiskal (DPDF) untuk Dinas Pendidikan Purbalingga dipastikan turun. Dana sebesar Rp 3,8 miliar itu untuk merenovasi ruang kelas dari SD hingga SMA di Purbalingga. Penyalurannya melalui APBD Purbalingga tahun 2010.

Sementara yang belum jelas nasibnya, yakni dana serupa untuk Dinas Perhubungan sebesar Rp 21 miliar dan DPU Rp 25 miliar. Sedianya, DPDF untuk Dinas Perhubungan akan dialokasikan untuk membangun dua buah jembatan penyeberangan, marka jalan, dan guard rail (semacam pagar dari plat baja yang melindungi kendaraan agar tidak terjerumus ke jurang. Sedang DPDF DPU seharusnya untuk irigasi dan jalan.
“Masalahnya, samapi hari ini belum ada kejelasan dari Kementerian Keuangan mengenai DPDF untuk Dinas Perhubungan dan DPU itu,” kata Kabid Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Purbalingga, Siswanto, S.Pt  MSi di ruang kerjanya, Senin (14/6).

Diungkapkan Siswanto, pada tahun-tahun sebelumnya, Purbalingga juga menerima kucuran dana serupa, yakni Dana Infrastruktur Sarana dan Prasarana (DISP).Pada tahun 2008,  DISP untuk Purbalingga sebesar Rp 49 miliar dan seluruhnya untuk pembangunan serta pemeliharaan sarana irigasi dan jalan. Pada 2009, Purbalingga kembali mendapatkan DISP dari pemerintah pusat. Jumlahnya lebih kecil, yakni Rp 35 miliar untuk alokasi yang sama.

“Tahun 2010 ini, awalnya kami mendengar dana DISP yang berubah namanya menjadi DPDF akan turun untuk kabupaten Purbalingga, Masing-masing untuk irigasi dan jalan (DPU) Rp 25 miliar, pembuatan jembatan penyeberangan, marka jalan dan guard rail Rp 21 miliar, serta renovasi ruang kelas SD hingga SMA Rp 3,8 miliar. Tapi baru dana Rp 3,8 miliar yang sudah jelas. Lainnya belum dipastikan akan turun atau tidak,” ujar Siswanto.

Kepastian DPDF 2010 untuk renovasi ruang kelas sebesar Rp 3,8 miliar sudah beredar di kalangan pengusaha jasa konstruksi. Sejumlah kontraktor tengah bersiap-siap mengikuti tender pengerjaan knstruksi renovasi ruang kelas  tersebut.
“Saya dengar APBD Perubahan 2010 tidak ada penambahan anggaran. Artinya tidak ada proyek baru. Dengan adanya DPDF, setidaknya masih ada kerjaan buat kontraktor,” ujar seorang pengusaha jasa konstruksi.  (BNC/ost)

Tentang Penulis

Leave A Response