Bunuh Diri Ekologis Akibat Tata Ruang Amburadul

Ditulis 13 Jun 2010 - 17:58 oleh Banyumas1
Prof Ir Eko Budi Rahardjo

Prof Ir Eko Budi Rahardjo

Purwokerto – Mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Ir Eko Budihardjo mengatakan, dalam pembangunan, perencanaan merupakan salah satu landasan, termasuk di dalamnya tata ruang. Pentingnya tata ruang yang terencana dengan baik, harus disadari oleh pemerintah. Tata ruang yang keliru menyebabkan pembangunan terhenti dan cenderung menyengsarakan rakyat bahkan merupakan tindakan bunuh diri ekologis.

“Tata ruang yang salah dn amburadul akan menyebabkan kesengsaraan, kota akan menjadi kota yang sengsara dan akhirnya menjadi kota mati. Karena tujuan jangka panjang, penyelamatan lingkungan tidak akan bisa tercapai jika sejak awal sudah dimulai dengan tata ruang yang salah,” kata Prof Eko dalam seminar Lingkungan Hidup yang digelar Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Lingkungan Unsoed Purwokerto, Sabtu (12/6).

Dicontohkan Prof Eko, jika bukit-bukit ekologis ditumbuhi rumah dan vila-vila mewah, kawasan pantai dijadikan tempat industri, taman-taman disulap menjadi hotel dan seterusnya, maka manusia tinggal menunggu bencana yang bakal datang. (BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response