Ribuan Warga Purbalingga Sambut Kirab Adipura

Ditulis 10 Jun 2010 - 17:59 oleh Banyumas1

adipura purbalingga

Purbalingga – Ribuan warga Purbalingga khususnya di wilayah perkotaan sambut antusias Kirab Adipura, Kamis (10/6). Di bawah terik matahari, warga berkerumun bagai pagar manusia di pinggir jalan sesuai rute yang dilalui, menyambut Penghargaan Anugerah Adipura yang dikirab keliling kota.

Bupati Triyono Budi Sasongko langsung bergabung dengan Kirab, meski baru saja menginjakkan kaki di Purbalingga, sepulang dari Jakarta untuk menerima Penghargaan Anugerah Adipura dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa lalu (8/6).

“Ini sungguh membanggakan, saya secara pribadi sangat berterima kasih kepada seluruh warga masyarakat Purbalingga. Karena sesuai harapan saya, Penghargaan Adipura yang menempatkan Purbalingga sebagai Kota Kecil Terbersih dapat diraih sekali lagi menjelang saya mengakhiri tugas. Kirab Adipura ini, sebagai ucapan bentuk penghargaan atas dukungan dan partisipasi seluruh warga masyarakat dalam mewujudkan kota yang bersih, teduh dan nyaman, hingga diraih Adipura,” ujar Bupati yang berbalut kemeja santai lengkap dengan topi koboi-nya.

Kirab berjalan lebih meriah dari yang direncanakan dengan pementasan kuda lumping (ebeg) dan membludagnya peserta kirab dari BUMD/BUMN, perusahaan-perusahaan swasta dan anggota masyarakat yang turut bergabung. Start pukul 14.00 WIB dari Sub Terminal Jompo (perbatasan Purbalingga-Banyumas), Bupati Drs H Triyono Budi Sasongko, M.Si menyerahkan Adipura kepada Komandan Kirab Drs. Satya Giripodo. Komandan Kirab menyerahkan kepada Kakang-Mbekayu Purbalingga 2009 dan selanjutnya dinaikkan ke mobil dan dibawa keliling kota menggunakan kendaraan bak terbuka.

Iringan-iringan kirab diawali dari pasukan vorider dari Satlantas Polres Purbalingga diikuti mobil terbuka pembawa Adipura dan mobil hartop terbuka warna putih bernomor polisi R 1 C yang membawa Bupati, Ny. Ina Triyono dan putra bungsu mereka, Lintang Putra Perwira.

Di belakang mobil bupati, berturut-turut puluhan mobil dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemkab Purbalingga, BUMD/ BUMN, dan perusahaan-perusahaan swasta. Sementara, tak kalah meriah iring-iringan sekitar ratusan sepeda  motor dari warga masyarakat yang sebagian besar masyarakat perkotaan.

Rute kirab dimulai Sub Terminal Jompo – Jl Mayjen Sungkono – Jl A Yani – Jl jenderal Soedirman – Pertigaan Kompo – Jl. Mayjen Suprapto – Jl. Mayjen Di Panjaitan – Jl. AW Soemarmo – Perempatan Sirongge – Jl Tentara Pelajar – Pasar Mandiri – Jl. Pujowiyoto – Jl kapten sarengat – Perempatan Banteng – Jl Cahyana Baru – Pertigaan Kelurahan Penambongan – Timbang – Stadion Guntur Darjono – Jl Komisaris Noto Sumarsono – Jl Gunung Kelir – Pertigaan SMA 1 – Jl MT Haryono – Jl Jenderal Soedirman – Perempatan Tugu Kodim – Pasar Badog – Jl Pucung Rumbang – Jl Letkol Isdiman – Pertigaan Komisaris Notosumarsono –Jl Piere Tendean – Jl Jambu Karang – Jl Ahmad Nur – Jl. Serma Jumiran – Jl Mayjen Suprapto – Jl DI Panjaitan – Pasar Mandiri – Jl Dipokusumo – Jl Onje – putar alun-alun – dan finish di Pendopo Dipokusumo.

Sesampai di Pendopo Dipokusumo, telah menunggu Wakil Bupati Drs. Heru Sudjatmoko, M.Si dan Muspida untuk menerima Penghargaan Anugerah Adipura yang diserahkan langsung oleh Komandan Kirab. Selain Kirab, malam harinya di Pendopo Dipokusumo, Bupati juga menyelenggarakan tasyakuran dengan mengundang Ketua RT dan Ketua RW di wilayah kota Purbalingga.

Tindak Lanjut

Dalam siaran persnya, Bupati mengatakan Penghargaan Anugerah Adipura ini memiliki konsekuensi logis yang cukup berat. Masyarakat dan Pemkab Purbalingga harus mampu mempertahankan dan meningkatkan kebersihan, keindahan, dan kenyamanan kota.

“Tidak hanya itu, sebagai 1 dari 140 kabupaten/kota yang menerima Adipura, Purbalingga harus menjadi kabupaten yang betul-betul ramah lingkungan,” tegas Bupati yang selama kepemimpinannya berhasil memboyong Penghargaan Adipura ke Purbalingga dua kali, tahun 2009 dan tahun ini.

Selain Purbalingga, untuk kabupaten/kota di Jateng yang berhasil meraih Adipura yakni Kudus, Kota Pekalongan, Rembang, Cilacap, Blora, Kota Magelang, Sragen, Wonosobo, Karanganyar, Purwodadi, Boyolali, Banjarnegara, Pati dan Jepara. Kementerian Negara Lingkungan Hidup telah memberikan penilaian kebersihan dan keteduhan kota melalui Program Adipura di sejumlah kota sejak bulan Oktober tahun 2009 lalu, termasuk di Purbalingga. (BNC/cie)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. raden 12/06/2010 pukul 11:42 -

    selamat untuk Purbalingga…. Purwokerto kok gak dapat lagi yah…. piye pak Mardjoko, apa jurine salah maning…. he (ganu Purwokerto olih jarene Pak Bupati anu jurine sing ngawur…., siki esih ngawur?)

Leave A Response