Pemilihan Ketua PGRI Banyumas, dinilai cacat hukum

Ditulis 26 Jul 2009 - 23:34 oleh Banyumas1

Teka-teki siapa kandidat calon ketua PGRI Banyumas,  periode 2009-2014 sudah terungkap pada proses pelaksanaan
pemilihan  ketu PGRI yang digelar di gedung PGRI, Sabtu (25/7). Namun, proses pelaksanaan pemilihan tersebut menyisakan  permasalahan sejumlah pihak di internal pengurus PGRI tingkat  kecamatan. Salah satunya, mereka menilai proses pelaksanaan  pemilihan kemarin jauh dari unsur demokrasi. Diduga, banyak  terjadi kecurangan sebelum pelaksanaan digelar.

Ketua PGRI di tingkat Kecamatan Ajibarang Drs Untung Sediadi  SPd, kepada wartawan Minggu (26/07) mengungkapkan, banyak oknum pengurus cabang yang mengisi kertas  F1. Padahal dalam aturan yang memiliki hak suara hanya pengurus  ranting. ” Seharusnya pengurus ranting yang memilih, tapi kertas F1 justru diisi oknum pengurus cabang,” uangkapnya kemarin.

Dia menambahkan, dari awal pengusulan bakal calon ketua PGRI  Banyumas, dirinya mengaku sudah mencurigai ada indikasi beberapa hal yang tidak objektif. Salah satunya, pengurus ranting tidak  dikonfirmasi tentang usulan bakal calon.

Dirinya menyayangkan, organisasi PGRI Banyumas, yang  seharusnya disegani dan dicintai oleh anggota serta mitranya, tidak  bisa mencerminkan demokrasi dalam pelaksanaan pemilihan ketua PGRI.  “Pelaksanaan pemilihan kemarin cacat hukum,” tegas Untung Sudiadi.

Dugaan kecurangan ini sudah dicium saat pelaksanaan kemarin.  Bahkan, sejumlah pengurus PGRI tingkat kecamatan maupun ranging  kecewa, terhadap peroses pelaksanaan pemilihan tersebut. Seperti yang dikatakan Sunarko SPd. Dirinya menilai bahwa  pemilihan tidak bersifat langsung, umum, bebas, dan rahasia (LUBER).  “Pemilihan ini banyak kecurangan,” katanya.

Seperti diketahui, pelaksanaan pemilihan diwarnai aksi walk  out. Namun panitia PGRi Provinsi yang memimpin jalannya pemilihan  tetap menganggap sah hasil yang telah ditetapkan. Yakni, menyatakan  Takdir Widagdo menjadi ketua PGRI Banyumas, setelah dirinya  mengungguli perolehan suara dari rivalnya (banyumasnews.com/pjl)

Tentang Penulis

Leave A Response