Diserahkan Presiden SBY, Purbalinngga Terima Adipura

Ditulis 08 Jun 2010 - 16:19 oleh Banyumas1

Purbalingga – Bupati Purbalingga Drs H Triyono Budi Sasongko,M.Si, Selasa (8/6) penghargaan adipura 2010siang tadi menerima penghargaan Anugerah Adipura dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penghargaan disampaikan dalam sambutan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Istana Negara.

Kabupaten Purbalingga mendapat penghargaan untuk kali kedua sejak tahun2009 kategori kota kecil. Bersama Bupati Purbalingga, diberikan penghargaan Adipura sebanyak 139 kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Selain itu, juga disampaikan penghargaan Kalpataru kepada 12 orang/organisasi untuk 4 kategori.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalamsambutannya menyerukan, untuk menghentikan kebiasaan menebang dan membakar hutan. “Memang benar Indonesia masih harus memberantas kemiskinan, namun tidak dengan cara merusak lingkungan,” kata Presiden.

Indonesia, kata Presiden, memiliki undang-undang yang mengatur lingkungan hidup. Pertama UU No.5 tahun 1994 yang merupakan ratifikasi dari UN Convention on Biological Diversity. Kedua, UU No.32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. “Mari kita jalankan benar-benar kedua undang-undang ini,” SBY menambahkan.

Ke depan, Indonesia haruslah menjadi green Indonesia: green development, green economy, green lifestyle, green culture. Negara dengan kehidupan manusianya yang betul-betul ramah lingkungan. “Itulah masa depan kita, masa depan Indonesia di abad 21 ini,” ujar Presiden SBY. Untuk menuju keaarah itu, ada 3 pilar yang harus diperkuat. Pilar pertama adalah kebijakan yang tepat, pilar kedua adalah teknologi, sedangkan ketiga adalah gaya hidup yang ramah lingkungan.

“Mungkin generasi saya atau yang lebih senior dari saya tidak bisa menikmati green Indonesia, tapi anak dan cucu kita, insya Allah, akan melihat dan menikmati green Indonesia yang kita cita-citakan bersama,” kata Presiden.

Acara penyerahanpenghargaan ditutup dengan penandatangan perangko sampul hari pertama seri peduli lingkungan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2010 dan penampilan dari Sandy Sandoro yang menyanyikan lagu bertemakan lingkungan yang diciptakan Presiden SBY dengan judul Ke Oslo untuk Bumi Kita dengan pengarah musik Erwin Gutawa.(BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response