Besok, 102 Sekdes akan Dites Urine

Ditulis 08 Jun 2010 - 13:04 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
59
Dalam Tag

PURBALINGGA – Sebanyak 102 sekretaris desa se-Kabupaten Purbalingga akan menjalani tes urine di Kantor Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Purbalingga, Rabu (9/6). Jika diketahui ada PNS golongan II itu positif mengkonsumsi narkoba, maka akan menjalani pembinaan namun tidak untuk diproses hukum. Harapannya, setelah kegiatan ini dilaksanakan ada semacam shock therapy yang membuat jera bagi pengguna dikalangan sekretaris desa.

“Ini merupakan kegiatan rutin kami. Kalau tahun lalu sasaran kami PNS secara umum di Pendopo Dipokusumo. Tahun ini, berhubung Sekdes sudah di-PNS-kan, maka kami putuskan mereka prioritas selanjutnya. Jika memang ada yang positif terdapar narkoba di urinnya, akan ditindaklanjuti pembinaan agar ke depannya tidak lagi mengkonsumsi narkoba tanpa proses hukum. Tapi ini akan menjadi catatan di kemudian hari jika yang bersangkutan ternyata terbukti masih mengkonsumsi,” jelas Ketua Pelasanaan Harian Sekretariat BNK Purbalingga, Drs. Edi Suyanto usai Rapat Koordinasi Sosialisasi Anti Narkoba di Ruang Rapat BNK, Selasa (8/6).

Edi menegaskan, saat ini pengkonsumsi narkoba tidak lagi memandang status sosial, latar belakang pendidikan, usia, pekerjaan dan geografis. Tiap hari ada saja pemberitaan di media massa tentang kasus narkoba. Termasuk yang paling menghebohkan beberapa waktu lalu ditemukannya 1,9 ton fosfor merah sebagai salah satu bahan utama narkoba yang diduga didistribusikan oknum dokter di LIPI. Edi mengatakan bahan narkoba itu merupakan temuan kepolisian tahun 2005 untuk dihanguskan pihak LIPI karena keterbatasan alat di Kepolisian. Bukannya dihanguskan seperti yang diamanahkan, sebaliknya malah didistribusikan kepada masyarakat lagi.

“Pengkonsumsi narkoba tiap tahun semakin banyak. Kasus narkoba seperti fenomena gunung es, yang ketahuan itu cuma sedikit, tapi sebenarnya sangat banyak,” jelas Edi. BNK Purbalingga saat ini hanya mampu mencatat para pengguna narkoba yang telah menjalani terapi di panti rehabilitasi di Pesantren Nurul Ichsan Al Islami Desa Karangsari Kecamatan Kalimanah sebanyak 22 orang dan sebanyak 2 orang di Panti Rehabilitasi An Nuur Desa Bungkanel Kecamatan Karanganyar. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response