Puluhan Mobil Tak Lulus Uji Emisi

Cilacap – Puluhan unit mobil, terjaring tidak lulus uji emisi kendaraan. Uji emisi ini, Senin (7/6) siang digelar oleh Dinas Perhubungan dan Kominfo dengan mencegat mobil yang melintas di Jalan MT.Haryono.

Dari hasil uji, mobil jenis bensin dari 63 unit yang di operasi, 28 diantaranya dinyatakan tidak lulus hasil cek uji emisinya. “Yang dinyatakan lulus sebanyak 35 unit kendaraan atau 58 persen” ujar Kepala Bidang Pengendalian Operasi Dishub Kominfo Cilacap, Moegianto.

Sedangkan kendaraan berbahan bakar solar yang berhasil di cek uji emisinya, dari sebanyak 32 unit, semuanya dinyatakan lulus.

Menurut Moegianto, kegiatan cek uji emisi kendaraan ini digelar dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup tahun 2010. “Uji emisi ini gratis, dan target kami sebenarnya 200 unit kendaraan umum yang melintas. Tapi terjaring kurang dari target” katanya.

Dengan dilaksanakan cek uji emisi ini katanya, dapat diketahui apakah kendaraan tersebut memiliki tingkat polusi tinggi dari beberapa parameter yang ditentukan misalnya karbondioksida (CO) harusnya paling tinggi 4,5 persen. Setelah dinyatakan lulus uji emisi, kendaraan tersebut langsung dipasang stiker tanda kelulusan atau telah memenuhi standar. (BNC/tgr/mut)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.